Cara Hitung Biaya Bangun Rumah Tanpa Ribet


Menghitung biaya rumah merupakan langkah paling awal yang perlu dilakukan sebelum membangun rumah. Pasalnya tanpa dana, Anda tidak akan pernah bisa mewujudkan impian memiliki rumah. Perhitungan biaya bangun rumah biasanya ada dalam bentuk RAB atau Rencana Anggaran Biaya. Dalam menghitung RAB, Anda harus melakukannya dengan cermat sehingga bisa mendapatkan perkiraan biaya yang akurat. Tidak perlu ribet, berikut ini cara hitung biaya bangun rumah yang bisa Anda ikuti:

Buatlah Skema Pekerjaan

Hal pertama yang perlu dilakukan saat menghitung biaya bangun rumah adalah membuat skema pekerjaan. Skema pekerjaan ini berguna sebagai acuan untuk bisa menentukan daftar pekerjaan yang akan dihitung dalam pembuatan Rencana Anggaran Biaya atau RAB. Disamping itu, skema pekerjaan juga digunakan untuk menentukan spesifikasi pekerjaan, jenis pekerjaan, dan material bangunan.

Hitung Volume dan Harga Satuan Kerja

Cara hitung biaya bangun rumah selanjutnya yaitu dengan menghitung volume dan harga satuan kerja. Volume pekerjaan bisa Anda hitung berdasarkan daftar harga satuan kerja per unit atau per meter persegi. Ada baiknya Anda membuat daftar pekerjaan yang dilakukan nanti. Selanjutnya tentukan harga satuan kerja yang bisa didapatkan dari material bangunan dan upah pekerja.


Hitung Total Biaya Pekerjaan

Langkah terakhir yaitu menghitung total biaya pekerjaan dengan cara mengalikan harga satuan kerja dengan volume pekerjaan. Jangan lupa untuk membuat rekapitulasi atau total masing-masing bagian pekerjaan. Total semuanya agar Anda bisa melihat biaya keseluruhan.

Itulah cara hitung biaya bangun rumah atau RAB. Saat merencanakannya, sebaiknya Anda jangan hanya fokus pada harga satuan kerja saja. Namun pastikan juga bahwa bahan pembangunan yang digunakan juga berkualitas. Semen Tiga Roda bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin membangun rumah.

Semen Tiga Roda sudah memiliki logo SNI di kemasannya sehingga kualitasnya tidak perlu Anda ragukan lagi. Tidak hanya semen konvensional, Semen Tiga Roda juga menyediakan semen lain seperti mortar, semen putih, dan lain sebagainya. Banyaknya jenis semen yang ada membuat Anda lebih mudah menyesuaikan dengan kebutuhan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Kriteria Perhiasan Berlian Terbaru dan Berkualitas

4 Perbedaan Cincin Tunangan Elegan dan Cincin Nikah

Jangan Salah! Berikut Ciri Cincin Wanita Emas Asli