Jangan Salah! Berikut Ciri Cincin Wanita Emas Asli



Perhiasan menjadi salah satu barang yang sangat berharga dan juga bernilai tinggi. Bahkan perhiasan seperti cincin wanita berbahan emas menjadi salah satu perhiasan yang cukup banyak dipilih sebagai perhiasan sekaligus barang investasi.


Bagi Anda yang juga sedang ingin membeli perhiasan emas, pastikan Anda memperhatikan ciri dari perhiasan emas asli dan juga palsu. Cincin emas asli memiliki ciri khas tertentu yang membedakannya dari versi palsu atau yang berkualitas lebih rendah. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan pada cincin emas asli.

Keunggulan

Cincin emas asli biasanya dicap dengan ciri khas yang menunjukkan kemurnian emas. Tanda kemurnian umum meliputi "10K", "14K", "18K", "22K", dan "24K". Semakin tinggi angkanya, semakin murni emasnya. Misalnya, emas 24K dianggap emas murni.

Berat

Emas adalah logam padat, jadi cincin emas asli akan terasa lebih berat dibandingkan cincin yang terbuat dari bahan lain. Beratnya dapat bervariasi tergantung pada ukuran dan ketebalan cincin, tapi cincin emas asli akan terasa berat.

Warna

Emas murni memiliki warna kuning yang khas. Namun, emas yang digunakan dalam perhiasan sering dicampur dengan logam lain untuk meningkatkan daya tahan dan kekerasan. Hal ini dapat menghasilkan berbagai warna emas seperti emas putih (paduan dengan logam putih seperti perak dan palladium) dan emas mawar (paduan dengan tembaga). Warnanya harus konsisten di seluruh ring.

Reaksi Kulit

Emas bersifat hipoalergenik, jadi memakai cincin emas asli tidak akan menyebabkan iritasi kulit atau reaksi alergi. Oleh sebab itu cincin wanita dengan bahan dasar emas akan banyak dicari sebab tidak akan menimbulkan alergi yang berlebih bagi semua orang yang mengenakannya. Pria pun juga harus memerhatikannya karena pria lebih sensitif.

Kelembutan

Emas adalah logam yang relatif lunak dibandingkan dengan yang lain. Akibatnya, cincin emas asli dapat menunjukkan tanda-tanda keausan seiring waktu, terutama jika dipakai setiap hari.

Kepadatan

Emas adalah logam padat, jadi cincin emas asli harus memiliki rasa yang kokoh dan halus. Anda dapat merasakan kepadatan sebuah logam emas asli dan juga palsu, dimana ketika logam emas palsu biasanya memiliki rasa yang kurang halus ketika diraba.

Tidak Bersifat Magnetik

Emas tidak bersifat magnetis, jadi jika sebuah cincin tertarik pada magnet, kemungkinan besar cincin itu tidak terbuat dari emas asli. Oleh sebab itu, Anda perlu berhati-hati ketika akan membeli emas khususnya ketika membeli di toko selain toko emas.

Uji Asam

Meski tidak direkomendasikan untuk seluruh orang, perhiasan dapat dilakukan uji asam untuk memverifikasi keaslian emas. Bagi Anda yang memiliki kemampuan dalam hal pengujian asam, maka Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi apakah cincin yang Anda miliki tersebut asli maupun palsu.

Harga

Tentunya Anda akan lebih mudah memperhatikan mana cincin emas asli dan juga cincin emas palsu. Emas asli sangat berharga, jadi jika sebuah cincin dijual dengan harga yang sangat rendah, hal itu dapat menimbulkan kecurigaan tentang keasliannya. Maka dari itu Anda perlu berhati-hati dalam membeli cincin emas di toko yang tepat.


Selalu pahami bahwa beberapa cincin berlapis emas atau berisi emas mungkin juga memiliki lapisan emas asli di permukaannya, yang dapat meniru tampilan cincin emas asli. Jika Anda meragukan keaslian cincin emas, sebaiknya konsultasikan dengan ahli perhiasan profesional di Mondial untuk evaluasi menyeluruh. Jika Anda sedang mencari cincin wanita dengan bahan emas asli, Anda dapat membelinya di Mondial Jeweler sebagai toko perhiasan terbaik dan juga terpercaya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Kriteria Perhiasan Berlian Terbaru dan Berkualitas

4 Perbedaan Cincin Tunangan Elegan dan Cincin Nikah

Mengenal Perbedaan Pinjaman dengan BPKB Motor & KTA