Saran Tepat Untuk Memenuhi Nutrisi Anak Sekolah Beserta Menu Makanannya

Usia emas anak-anak saat sekolah merupakan waktu penting bagi orang tua dalam memperhatikan apa saja dan bagaimana memenuhi kebutuhan nutrisinya. Hal ini karena saat tumbuh kembang maksimal terjadi di usia anak sekolah yang nantinya bisa berpengaruh untuk masa depannya. Terlebih kebutuhan nutrisi anak di usia sekolah tentunya lebih banyak dibandingkan dengan usis sebelumnya, sehingga bagi para orang tua mengetahui apa saja yang dibutuhkan anak menjadi hal yang wajib dilakukan.

Pemenuhan nutrisi anak yang cukup bisa memberikan dampak yang baik untuk perkembangan anak, terlebih diusia sekolah seperti usia 6-9 tahun menjadi usia saat anak juga mengenal lingkungan sekitarnya dalam bersosialisasi dengan teman-teman barunya. Dalam hal ini ada beberapa saran tepat yang dapat dilakukan sebagai pemenuhan nutrisi hariannya, yaitu sebagai berikut.

Sebaiknya mulai dibiasakan dalam konsumsi makan anak dilakukan sebanyak tiga kali sehari. Pilihan waktunya mulai dari pagi hari sebagai sarapan, makan siang, dan juga makan malam. 

Konsumsi berbagai jenis makanan bernutrisi tinggi terutama pastikan anak banyak mengkonsumsi jenis buah-buahan dan sayuran. Hal ini sebagai sumber makanan sehat dan mendapatkan nutrisi tepat untuk perkembangannya.

Konsumsi ikan secara rutin sebagai sumber protein dan juga dari jenis makanan lainnya. Anjuran untuk asupan protein dari hewan ini sebanyak 30 %, sementara itu untuk sisanya sebanyak 70 % bisa dari protein nabati.    

Jaga kebersihan anak seperti dalam mandi dan menggosok gigi setidaknya 2 kali sehari. Cara ini untuk membuat kondisi anak tetap sehat dan terawat.

Sebaiknya mulai dibatasi kebiasaan membeli makanan cepat saji atau cemilan lainnya yang terlalu manis, asin, dan juga berlemak. Biasakan setiap hari konsumsi makanan sehat mulai dari sayuran, buah-buahan, dan yang lainnya. 

Waktu istirahat anak untuk tidur sebaiknya juga mulai diatur sehingga menjadikan kondisi tubuh anak tetap sehat dalam beraktivitas setiap harinya.

Menu Makanan Bernutrisi Untuk Anak 

Setelah menjalankan berbagai aktivitas di sekolah dan juga membiasakan kebiasaan baik untuk anak, demi memenuhi kebutuhan nutrisinya berikan menu makanan yang sehat dengan gizi yang lebih meningkat. Asupan gizi yang cukup saat usia sekolah anak bisa menjadi persiapan yang baik juga sebelum anak mengalami masa pubertas. Konsumsi menu makanan yang bisa diberikan untuk saat ini dapat dilakukan dengan pilihan menu yang sehat seperti berikut.

Makan pagi (sarapan)

  • Sepiring nasi goreng (100 gram)
  • Sawi hijau ( 10 gram)
  • 1-2 butir telur rebus dengan ukuran sedang (50-125 gram)
  • Tomat (10 gram diiris-iris)
  • Timun (10 gram diiris-iris) 
  • Satu gelas susu

Makan siang 

  • Nasi putih (100-200 gram)
  • Tumis kangkung (30 gram)
  • Udang balado (30-50 gram)
  • Tumis oncom (30 gram)

Makan malam 

  • Nasi putih (150-250 gram)
  • Ikan bawal (45-75 gram)
  • Tempe atau tahu ( 40 gram)
  • Tumis tauge (40 gram)

Di antara makan siang bisa diberikan cemilan seperti buah-buahan misalnya dengan memberikan jeruk, apel, dan jenis buah yang lainnya. Selain itu perhatikan juga dalam pemberian susu, kandungan nutrisi yang lengkap dan baik untuk kecerdasan dan daya tahan tubuh anak tentunya bisa menjadi perhatian. Berikan susu dalam konsumsi makanan anak yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya secara baik seperti dengan memilih susu dari yang sudah berpengalaman sebagai salah satu produk terbaik untuk susu bagi anak. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Simbol Kepribadian Dilihat Dari Pemilihan Letak Cincin Berlian Pria

8 Inspirasi Hadiah Anniversary untuk Pria

Lakukan Hal Ini Sebelum Menyewa Vendor Tukang Bangunan Jakarta