Apa Saja Ciri-Ciri Gelang Berlian Asli?

Gelang berlian merupakan salah satu jenis perhiasan yang dikenal dengan harga mahal. Selain dijadikan sebagai aksesoris untuk mendukung penampilan, gelang berlian juga sering dijadikan sebagai tabungan dan investasi masa depan. Namun harapan tersebut tidak akan terwujud apabila Anda tidak bisa membedakan gelang berlian asli dan palsu. Banyak gelang berlian palsu membuat Anda harus berhati-hati saat membeli. Ketahui ciri-cirinya berikut agar bisa menghindari oknum tak bertanggung jawab:

Tidak Mudah Retak atau Pecah

Ciri gelang dengan berlian asli yang pertama yaitu tidak mudah retak atau pecah. Hal tersebut lantaran berlian adalah batu paling keras di Bumi dengan tingkat kekerasan mencapai 10 skala Mohs atau tingkat kekerasan tertinggi. Karena tidak mudah retak atau pecah, orang-orang bebas menggunakannya untuk aktivitas sehari-hari.

Memiliki Kemampuan Menyerap Panas

Apakah Anda pernah berada di bawah terik sinar matahari namun gelang tidak terasa panas? Hal tersebut karena gelang yang Anda beli adalah gelang asli. Kemampuan berlian menyerap panas matahari atau panas api membuat berlian menjadi tidak panas. Anda juga bisa menggunakannya untuk mengetes keaslian gelang berlian. Bawa gelang di bawah sinar matahari dan rasakan efeknya.

Memiliki Refleksi Cahaya yang Baik

Ciri-ciri selanjutnya yaitu mampu memantulkan cahaya dari berbagai sisi. Apabila gelang berlian terkena cahaya, maka cahaya akan masuk ke berlian dan mengenai bagian bawah lalu memantul kembali ke permukaan. Itulah yang kemudian membuat berlian mampu berkilau dengan sangat indah. Selain memantulkan cahaya dari segala sisi, berlian juga memiliki warna abu-abu yang terlihat ketika terkena cahaya.

Tidak Berkabut

Berlian memiliki sifat tidak berkabut dan tidak meninggalkan kabut. Ketika Anda mencoba menghembuskan napas ke bagian berlian, maka tidak akan ada kabut yang tertinggal. Sedangkan gelang berlian yang palsu biasanya akan meninggalkan kabut sebentar. Berlian bersifat menyerap panas sehingga kabut tidak bisa bertahan lama.

Memiliki Warna yang Beragam

Gelang berlian pada umumnya menggunakan berlian berwarna putih atau bening. Sebagian besar berlian yang ada di dunia juga berwarna sama. Namun sebenarnya berlian merupakan batu mulia dengan warna yang beragam. Beberapa contoh warnanya yaitu merah, biru, pink, hijau, dan lain sebagainya. Berlian berwarna yang disebut fancy color diamond tersebut sangat langka sehingga harganya sangat mahal.

Menggunakan Logam Berkualitas

Berlian adalah batu permata yang memiliki harga sangat mahal. Jadi logam sebagai rangka gelang tidak boleh sembarangan. Logamnya harus berkualitas juga sehingga mampu menahan berlian dengan baik. Beberapa logam berkualitas untuk gelang berlian yang asli yaitu emas putih, emas kuning, rose gold, dan platinum.

Memiliki Sertifikat

Gelang berlian yang asli harus memiliki sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga kredibel. GIA atau Gemological Institute of America adalah lembaga yang biasanya mengeluarkan sertifikat berlian. Sertifikat dari GIA berlaku secara internasional. Sedangkan sertifikat yang berlaku secara nasional adalah SNI.

Dibeli di Toko Kredibel

Toko yang kredibel harus mempertahankan kredibilitasnya sehingga tidak mungkin menjual barang palsu. Pasalnya kredibilitas dibangun dengan sangat sulit, jadi tidak mungkin disia-siakan begitu saja. Oleh sebab itu, Anda wajib membeli gelang berlian di toko yang memiliki kredibilitas.

Itulah ciri-ciri gelang berlian asli yang perlu Anda ketahui. Rekomendasi toko perhiasan berlian kredibel yang bisa Anda jadikan pilihan adalah The Palace. Berada di bawah PT. Central Mega Kencana dan termasuk bagian dari CMK Club membuat toko ini jelas kredibilitasnya. Anda juga bisa langsung membeli di gerai resminya untuk memastikan keaslian gelang. Koleksi gelang The Palace yang sangat beragam bisa Anda lihat di website www.thepalacejeweler.com. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Kriteria Perhiasan Berlian Terbaru dan Berkualitas

4 Perbedaan Cincin Tunangan Elegan dan Cincin Nikah

Jangan Salah! Berikut Ciri Cincin Wanita Emas Asli