6 Kunci Sukses Kerja Sambil Kuliah yang Bisa Anda Ikuti

kerja sambil kuliah

Adanya kelas karyawan yang dihadirkan oleh banyak universitas saat ini membuka kesempatan bagi mereka yang belum sempat mengenyam pendidikan tinggi untuk bisa kuliah. Sesuai namanya, kelas ini memang diperuntukkan bagi mereka yang masih bekerja. Jadwal kuliah serta sistem pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan para karyawan tanpa mengganggu jam kerjanya. 

Meski sistem perkuliahan mampu menyesuaikan kebutuhan karyawan namun kesuksesan yang didapatkan bergantung dari Anda sendiri. Untuk Anda yang ingin kerja sambil kuliah, berikut ini tips sukses yang bisa diikuti:

Pilih Jurusan yang Linear dengan Pekerjaan


Apabila tujuan Anda kuliah adalah mengembangkan karir maka pilihlah jurusan yang linear dengan pekerjaan. Saat ini standar untuk mendapatkan jabatan yang lebih tinggi kebanyakan adalah sarjana. Jadi mau tidak mau Anda harus mengambil kuliah apabila ingin mendapatkan jabatan yang lebih tinggi tersebut. Selain itu, memilih jurusan yang linear dengan pekerjaan juga bisa mempermudah pekerjaan karena bisa langsung diterapkan.

Beritahu Tim dan Atasan Jika Sedang Kuliah


Meski terbilang sederhana namun memberitahu tim dan atasan bahwa Anda akan kuliah merupakan hal yang sangat penting. Lakukan komunikasi dengan baik agar mereka mengerti keadaan Anda saat kuliah nanti. Apabila mampu melakukan komunikasi dengan baik, bukan tidak mungkin perusahaan akan memberikan dukungan penuh pada niat Anda.

Pertimbangkan Lokasi Kampus


Kerja sambil kuliah merupakan hal yang sulit dilakukan karena Anda memiliki dua prioritas yang sama pentingnya. Mempertimbangkan lokasi kampus mungkin sedikit membantu Anda saat menjalaninya. Ketika memilih kampus yang dekat dengan lokasi kerja maka Anda tidak akan kelelahan dalam perjalanan. Jadi selama di kampus Anda masih bisa mendengarkan materi dengan baik.

Hitung Beban Biaya Kuliah


Memperhitungkan beban biaya kuliah terkadang dilupakan oleh mereka yang ingin mengambil kelas karyawan. Padahal ini cukup penting karena mempengaruhi kebutuhan Anda nantinya. Pastikan bahwa Anda memang mampu membayar kuliah tanpa membebani keuangan di masa datang. Jika memungkinkan, Anda bisa mencari beasiswa dari perusahaan atau yang lainnya untuk membantu meringankan biaya kuliah.

Disiplin dalam Manajemen Waktu


Memiliki dua prioritas membuat Anda harus mampu mengatur waktu dengan baik. Pasalnya, akan ada banyak sekali kegiatan yang Anda miliki, seperti bekerja, mengerjakan tugas, kuliah, sosialisasi dengan teman, dan lain sebagainya. Disiplinlah mengatur waktu dan dahulukan prioritas Anda di hari itu. Optimalkan waktu luang untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan dan perkuliahan. Jadi secara tidak langsung Anda harus mengurangi waktu untuk hiburan, jalan-jalan, atau liburan.

Jaga Performa Kerja, Kesehatan, dan Kuliah


Kunci sukses dalam pekerjaan dan perkuliahan yang terakhir adalah dengan menjaga performa kerja, kesehatan, maupun kuliah. Meskipun Anda memilih segudang kegiatan yang seperti tidak ada habisnya namun tetaplah menjaga kesehatan. Apabila Anda mampu menjaga kesehatan maka performa kerja dan kuliah juga bisa terjaga.

Itulah kunci sukses kerja sambil kuliah yang bisa Anda ikuti. Selain kiat-kiat di atas, kesuksesan perkuliahan juga bergantung pada perguruan tinggi yang Anda pilih. Pilihlah perguruan tinggi yang mampu membantu mengembangkan skill Anda sehingga lebih berguna dalam dunia kerja. Rekomendasi perguruan tinggi terbaik untuk Anda pilih terutama bagi Anda yang ingin mengambil jurusan di bidang ilmu komputer adalah Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Indo Daya Suvana (IDS Digital College).

IDS Digital College menjadi institusi yang mampu mendukung perkembangan mahasiswa yang masih bekerja karena memiliki sistem pembelajaran terbaik. Pasalnya, perguruan tinggi ini menghadirkan kurikulum berstandar internasional serta menerapkan sistem pembelajaran Real World Assignment. Lebih lengkapnya mengenai kelas karyawan IDS Digital College bisa Anda lihat di ids.ac.id.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Kriteria Perhiasan Berlian Terbaru dan Berkualitas

4 Perbedaan Cincin Tunangan Elegan dan Cincin Nikah

Jangan Salah! Berikut Ciri Cincin Wanita Emas Asli