Alasan Memilih Jurusan Teknik Informatika

jurusan teknik informatika


Kuliah merupakan salah satu jalan menuju kesuksesan sehingga harus dipertimbangkan dengan baik. Jurusan yang Anda pilih selama perkuliahan nantinya akan berpengaruh pada karir dan masa depan. Oleh sebab itu, jangan terlalu ambisius saat memilih jurusan dan pertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu. Beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat memilih jurusan kuliah yaitu prospek kerja, passion, mata kuliah yang ditempuh, dan lain sebagainya.

Dari banyaknya jurusan kuliah saat ini, jurusan teknik informatika bisa menjadi pilihan yang tepat. Ada banyak alasan mengapa Anda perlu memilih jurusan ini, diantaranya yaitu:

Lapangan Kerja Luas

Ketika seseorang memilih jurusan kuliah, prospek kerja lulusan merupakan hal pertama yang dipertimbangkan. Pasalnya, prospek kerja yang luas memungkinkan mereka untuk mudah mendapatkan pekerjaan dan sukses. Salah satu jurusan kuliah yang memiliki prospek kerja atau lapangan kerja luas adalah teknik informatika ini. Ada banyak sekali profesi yang bisa dimasuki mulai dari programmer, mobile application developer, game developer, dan lain sebagainya.

jurusan teknik informatika

Selalu Paham dengan Perkembangan Teknologi

Alasan selanjutnya mengapa jurusan teknik informatika memiliki banyak peminat adalah selalu paham terhadap perkembangan teknologi. Hal tersebut mungkin jelas karena teknik informatika mempelajari mengenai teknologi. Apalagi kemajuan teknologi saat ini menuntut semua orang untuk tetap update dan memahaminya. Bertemu dengan sesama mahasiswa juga membuat Anda bisa belajar mengenai teknologi dan membahasnya bersama-sama. Jadi Anda yang memang suka dan paham dengan perkembangan teknologi cocok masuk di jurusan ini.

Bisa Memperbaiki Perangkat Sendiri

Gadget seperti laptop, smartphone, atau yang lainnya menjadi hal yang wajar saat ini. Hampir semua orang memiliki satu atau bahkan lebih gadget untuk aktivitas sehari-hari. Mereka yang kuliah teknik informatika memiliki keuntungan disini. Pasalnya, Anda bisa memperbaiki perangkat gadget sendiri karena paham dengan struktur hardware komputer. Memang pada umumnya, teknik informatika tidak mempelajari hardware secara mendalam namun tidak sedikit juga yang bisa memperbaiki perangkat sendiri.

Bisa Membuat Software Sendiri

Software atau aplikasi menjadi hal yang paling penting saat ini. Semua perusahaan berskala besar pasti memiliki software untuk promosi secara online. Software ini bisa berupa website, aplikasi mobile, aplikasi desktop, dan lain sebagainya. Kuliah teknik informatika diajarkan untuk membuat software dari tahap awal hingga tahap akhir. Jadi Anda yang kuliah jurusan ini pasti bisa membuat software sendiri sesuai keinginan. Hal ini juga berguna untuk mendapatkan penghasilan baik itu dengan membuka jasa pembuat software, bekerja di kantor, maupun bekerja secara freelance.

Menciptakan Hardware

Tidak hanya menciptakan software saja, lulusan teknik informatika juga bisa menciptakan hardware atau merakit komputer. Jadi Anda yang membutuhkan komputer berspesifikasi tinggi namun terkendala biaya bisa merakitnya sendiri. Anda tinggal membeli komponen komputer melalui online shop kemudian mulai merakitnya sendiri.

Itulah berbagai alasan mengapa Anda perlu mengambil kuliah di jurusan teknik informatika. Tertarik masuk jurusan ini? Anda bisa menempuh pendidikan terlebih dahulu di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Indo Daya Suvana atau yang juga dikenal dengan IDS Digital College. Institusi ini mampu menghasilkan lulusan dengan gelar sarjana atau Strata 1 yang sukses di dunia kerja.

Hal tersebut lantaran beberapa kelebihan dari IDS Digital College seperti kurikulum bertaraf internasional hasil kolaborasi dengan PSG School of Technology di India. Selain itu, institusi ini juga menerapkan metode penugasan secara real world assignment agar mahasiswa lebih siap menghadapi dunia kerja. Jangan ragu lagi segera daftarkan diri Anda di IDS Digital College.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Kriteria Perhiasan Berlian Terbaru dan Berkualitas

4 Perbedaan Cincin Tunangan Elegan dan Cincin Nikah

Jangan Salah! Berikut Ciri Cincin Wanita Emas Asli