Aspek Perkembangan Anak Usia Dini

Tahapan perkembangan si Kecil penting untuk Mam ikuti sebaik mungkin. Pasalnya, setiap tahapan yang dilalui terjadi banyak perubahan dan kebiasaan baru yang perlu arahan maupun bimbingan. Dari mengenali tahapan perkembangan si Kecil ini, Mam juga bisa menemukan potensi baru yang bisa dikembangkan.

Tidak hanya kebutuhan fisik saja, Mam juga perlu memperhatikan fase perkembangan anak dari segi kejiwaan, sosial, dan lain sebagainya. Langsung saja inilah aspek perkembangan anak usia dini yang harus Mam perhatikan:


Nilai Agama dan Moral

Nilai agama perlu ditanamkan pada si Kecil sejak usia dini. Mereka yang mengenal agama akan memiliki sikap hormat, sopan, jujur, toleransi, dan lain sebagainya. Untuk mendukung si Kecil belajar agama maka orang terdekat juga harus melakukannya.

Kognitif

Aspek kognitif ini memiliki hubungan dengan pikiran dan juga akal. Pada aspek ini, si Kecil akan belajar memecahkan masalah, berpikir logis, mengenal angka dan abjad, serta kemampuan berpikir lainnya.

Fisik dan Motorik

Fisik dan motorik merupakan semua hal yang berhubungan dengan perkembangan tubuh atau fisik si Kecil. Motorik halus merupakan kemampuan menggunakan alat untuk eksplorasi, motorik kasar adalah kemampuan koordinasi, sedangkan fisik berhubungan dengan tinggi, berat, dan lingkar kepala.

Bahasa

Dengan kemampuan berbahasa mereka mampu memahami apa yang dimaksud orang lain. Selain itu, berbahasa juga menjadi sarana berkomunikasi dan bersosial.

Sosial Emosional

Aspek ini berhubungan dengan pengenalan diri dan juga pengenalan orang-orang di sekitarnya. Si Kecil mulai menunjukkan kemampuan diri, belajar bertanggung jawab, serta bermain dengan teman sebaya.

Seni

Seni masuk ke dalam aspek perkembangan yang perlu Mam perhatikan karena setiap anak terlahir secara imajinatif. Mereka bisa bereksplorasi dan mengembangkan diri dengan musik, lukisan, dan lain sebagainya.

Itulah aspek perkembangan si Kecil yang perlu Mam perhatikan. Selain mengenali fase perkembangan anak, Mam juga perlu memberikan dukungan nutrisi pada si Kecil. Nutrisi bisa didapatkan melalui makanan kemudian bisa dilengkapi dengan susu pertumbuhan dari Wyeth Nutrition. Varian yang tersedia bisa disesuaikan dengan tahapan usia si Kecil yaitu S-26 Procal GOLD untuk 1-3 tahun dan S-26 Promise GOLD untuk 3-12 tahun.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Kriteria Perhiasan Berlian Terbaru dan Berkualitas

4 Perbedaan Cincin Tunangan Elegan dan Cincin Nikah

Jangan Salah! Berikut Ciri Cincin Wanita Emas Asli