Intip Cara Mengatasi Anak Susah BAB

Masalah susah BAB pada anak memang menjadi hal rumit tersendiri. Bagaimana tidak ketika anak mengalami hal tersebut anak akan menjadi rewel dan terkadang akan berimbas pada masalah kesehatannya. 

Jangan panik, itulah langkah pertama yang harus Anda lakukan. Karena jika Anda panik maka buah hati Anda akan bertambah tidak nyaman. Masalah susah BAB ini dapat diatasi dengan beberapa cara sederhana berikut ini. 



Memberi banyak cairan

Berilah minum sedikit - demi sedikit pada buah hati Anda namun dalam pfrekuensi yang sering. Lakukan selama beberapa jam dan lihat hasilnya. Jika buah hati Anda menunjukkan ada keinginan BAB maka penyebabnya adalah kekurangan cairan. Namun tidak disarankan memberi minum susu, berilah air putih.

Beri makanan kaya serat

Untuk mengatasi masalah susah BAB pada anak adalah dengan memberikannya makanan kaya serat seperti pepaya. Atau buah-buahan lain dan sayuran. Namun hindari memberikan pisang karena pisang dapat membuat feses bertambah padat.

Ajarkan anak BAB secara teratur

Penyebab sembelit pada anak dapat juga dikarenakan anak sering menaman BAB karena tidak ingin diganggu saaat main. Maka ajarkan pada buah hati Anda untuk tidak menahan BAB dan mengajarkan BAB secara teratur. 

Ganti susu yang dikonsumsi

Penyebab sembelit lainnya adalah karena tidak cocok dengan susu yang dikonsumsi. Oleh karenanya pastikan akan mengkonsumsi susu yang sesuai dengan dirinya. Seperti susu Dancow. Dancow hadir dengan berbagai tahapan usia sehingga menghindari masalah sembelit jika dikonsumsi.

Kurangi beberapa jenis makanan

Perhatikanlah penyebab sembelit ada berbagai macam, dapat bersuber dari makanan yang dikonsumsi dan todak cocok dengan anak. Missal ketika anak mengkonsumsi coklat berlebih ia akan sembelit, maka pastikan tidak mengkonsumsi banyak coklat. Begitu pula fast food dan beberapa jenis makanan lainnya.

Jika beberapa hal tersebut telah Anda lakukan dan anak masih susah BAB maka segeralah berkonsultasi ke dokter. Jangan ditunda lebih lama, agar tidak menggangu kesehatan lebih serius bagi buah hati Anda. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Kriteria Perhiasan Berlian Terbaru dan Berkualitas

4 Perbedaan Cincin Tunangan Elegan dan Cincin Nikah

Jangan Salah! Berikut Ciri Cincin Wanita Emas Asli