7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Desain Ruang Service Rumah Minimalis


Hampir semua rumah modern saat ini memiliki ruang service baik itu berupa laundry room, gudang, maupun dapur kotor. Karena fungsinya tersebut, ruang service pada umumnya terletak pada area belakang atau samping rumah. Karena keberadaannya yang tidak terlalu terlihat, desain ruang service tidak terlalu diperhatikan. Padahal biasanya space untuk ruangan ini cukup sempit sehingga akan terasa berantakan apabila tidak didesain dengan baik. Untuk ruang sempit, sebenarnya Anda bisa menerapkan desain ruang service rumah minimalis.

Desain tersebut mampu membuat ruangan yang sempit terasa lebih nyaman. Jadi Anda yang akan menggunakannya juga tidak akan merasa enggan. Selain itu, membuat desain yang baik juga bisa menambah nilai keindahan rumah Anda. Langsung saja, berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan mendesain ruang service:

Pilih Barang yang Hanya Digunakan

Mungkin karena menganggap ruang service adalah ruang multiguna, Anda akan menaruh banyak barang di ruangan tersebut. Jika tidak ingin ruangan terasa sempit dan kurang rapi maka Anda hanya boleh menaruh barang-barang yang akan digunakan. Beberapa barang paling penting yaitu mesin cuci, tempat setrika, tempat jemur, dan lain-lain.

Perhatikan Sirkulasi Udara

Desain ruang service di lahan sempit harus memperhatikan sirkulasi udara agar tidak terasa sesak dan lembab. Pasalnya serangga-serangga seperti kecoa, nyamuk, dan lain sebagainya sangat suka terhadap udara lembab. Padahal serangga-serangga tersebut bisa menjadi sumber penyakit. Oleh sebab itu, pastikan pertukaran udara berjalan dengan baik.

Beri Pencahayaan yang Baik

Selain sirkulasi udara, pencahayaan juga harus Anda perhatikan. Tidak harus dengan lampu, Anda bisa memanfaatkan pencahayaan alami dari sinar matahari. Selain membuat jemuran mudah kering, hal ini juga bisa membantu menghemat biaya listrik rumah Anda.

Pertimbangkan Lokasi

Lokasi menjadi hal selanjutnya yang harus diperhatikan ketika membuat desain ruang service rumah minimalis. Ruangan ini memang tidak terlalu sering digunakan karena mencuci biasanya dilakukan seminggu sekali. Anda bisa mencari tempat yang agak tersembunyi misalnya di samping atau belakang rumah. Namun jangan terlalu jauh dari kamar mandi agar tidak kesulitan mengumpulkan baju kotor.

Pertimbangkan Ukurannya

Luas ruangan harus dipertimbangkan dengan baik sesuai ukuran minimum tubuh manusia. Jadi Anda tetap merasa nyaman melakukan aktivitas di ruangan ini. Jika Anda ingin menempatkan ruangan mencuci dan menjemur di area sama, maka sebaiknya luas ruangan minimal 8 meter persegi. 

Pilih Dekorasi yang Tepat

Meski ruang service identik dengan pekerjaan mencuci dan menyetrika, bukan berarti dekorasi tidak penting untuk diperhatikan. Desain ruang service rumah minimalis dengan dekorasi yang baik bisa membuat Anda lebih semangat untuk bekerja. Gunakan cat dinding dengan warna favorit, hiasan dinding menarik, tanaman dalam pot, dan keranjang berbentuk lucu untuk mendekorasi ruangan.

Perhatikan Material Finishing

Proses terakhir dalam membuat ruang service adalah tahapan finishing. Sama halnya dengan ruang rumah lainnya, Anda juga harus memperhatikan material finishing untuk ruangan ini. Sebaiknya pilih material lantai yang tidak licin sehingga Anda tetap aman selama mencuci. Sedangkan untuk bagian dinding harus yang tahan air dan tidak mudah kotor.

itulah 7 hal penting yang harus Anda perhatikan ketika akan membuat desain ruang service rumah minimalis. Jangan sepelekan ruang multifungsi ini karena sangat penting untuk membuat rumah tetap teratur dan rapi. Untuk mendapatkan inspirasi lainnya, Anda bisa mengunjungi masterumah.id. Masterumah.id sendiri adalah ruang inspirasi yang dibangun oleh Semen Tiga Roda.

Anda akan mendapatkan banyak inspirasi yang bisa digunakan untuk mendekorasi atau merenovasi rumah menjadi lebih indah sekaligus fungsional. Tanyakan kepada Master secara langsung untuk mendapatkan inspirasi.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Kriteria Perhiasan Berlian Terbaru dan Berkualitas

4 Perbedaan Cincin Tunangan Elegan dan Cincin Nikah

Jangan Salah! Berikut Ciri Cincin Wanita Emas Asli