Tips Sederhana Untuk Mengatasi Anak Susah Tidur Malam


Tidur yang cukup merupakan hal yang sangat penting bagi anak-anak di masa pertumbuhan dan perkembangannya. Apabila si Kecil kurang tidur di malam hari, maka mereka akan lebih mudah kelelahan ketika beraktivitas di siang hari. Selain itu, kurang tidur juga kerap kali dikaitkan dengan masalah kesehatan di masa depan seperti diabetes, obesitas, hingga penyakit jantung. Jika ingin membantu menjaga kesehatan si Kecil maka Anda harus segera mengatasi masalah anak susah tidur malam. Bantu si Kecil agar memiliki waktu tidur yang nyenyak dengan beberapa cara berikut ini:

Pergi dan Bangun Tidur di Waktu yang Sama

Langkah awal yang paling penting untuk Anda terapkan pada si Kecil adalah memberikan jadwal untuk pergi dan bangun tidur di waktu yang sama. Apabila mereka terbiasa tidur sesuai jadwal, maka tubuhnya juga akan ikut terbiasa. Meskipun di hari libur, usahakan si Kecil pergi tidur dan bangun di waktu yang sama. Rata-rata anak-anak membutuhkan waktu tidur malam sebanyak 9-11 jam sehari.

Coba Batas Waktu Tidur Siang

Berbeda dengan orang dewasa, anak-anak membutuhkan tidur siang untuk mencukupi kebutuhan tidurnya. Namun berhati-hati dalam memberikan waktu tidur siang karena jika terlalu lama akan membuatnya kesulitan tidur di malam hari. Sebaiknya tidur siang dilakukan selama kurang lebih 30 menit saja. Walaupun sebentar, tidur siang bisa memperbaiki fokus, mood, dan energi mereka.

Buat Kamar Tidur untuk Tidur Saja

Beberapa orang tua terkadang membuat tempat tidur untuk aktivitas lain misalnya nonton TV dan bermain. Usahakan untuk membuat kamar tidur hanya untuk tidur saja. Jadi tidak ada aktivitas lain seperti bermain atau nonton TV sebelum tidur. Hal ini bisa membantu si Kecil untuk fokus tidur ketika memasuki kamar tidur. Mereka sudah akan memikirkan mimpi indah dan tidak tergoda dengan hal-hal sekitarnya lagi.

Ciptakan Suasana Kamar Tidur yang Nyaman

Suasana kamar tidur yang nyaman berhubungan dengan peningkatan kualitas tidur mereka. Jauhkan hal-hal yang bisa membuat kualitas tidur si Kecil menurun misalnya seperti cahaya komputer, ponsel, ataupun perangkat elektronik lainnya. Pasalnya cahaya dari perangkat elektronik tersebut meniru sifat cahaya alami matahari sehingga membuat tubuh bereaksi seperti di pagi hari. Hal ini menyebabkan produksi melatonin atau hormon yang memicu rasa ngantuk menjadi terganggu.

Ciptakan Kebiasaan Khusus Sebelum Tidur

Luangkan waktu selama 90 menit untuk persiapan tidur si Kecil setiap harinya. Misalnya waktu tidur mereka adalah jam 8 malam maka aktivitas apapun yang memberatkan sudah harus dihentikan sejak pukul 6 sore. Beberapa aktivitas yang sudah harus dihentikan yaitu mengerjakan tugas atau olahraga. Gunakan waktu luang tersebut untuk minum susu, menggosok gigi, atau membacakan buku dongeng. Kebiasaan tersebut bisa membantu si Kecil mengingat kapan waktunya untuk tidur.

Batasi Makan dan Minum Sebelum Tidur

Hindari memberikan makanan berat pada anak ketika memasuki jam tidur. Makanan berat, hidangan pedas, minuman berkarbonasi, makanan berlemak, hingga gorengan bisa mengganggu pencernaan anak. Apalagi berbaring setelah makan juga tidak baik untuk kesehatan anak karena bisa menyebabkan asam lambung naik dan tenggorokan panas yang mudah membuat mereka terbangun di malam hari.

Itulah tips mengatasi anak susah tidur yang bisa Anda lakukan. Apabila anak masih kesulitan untuk tidur, Anda bisa membantu membuatnya mengantuk dengan membacakan buku cerita. Biasanya anak lebih mudah tidur setelah dibacakan buku cerita yang panjang. Semoga informasi di atas dapat membantu si Kecil untuk lebih cepat tertidur.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Butuh Dana Cepat? Ini Dia Cara Efektif untuk Mendapatkannya

Hal – Hal yang Wajib Dipenuhi Supaya Pengajuan Kartu Kredit Anda Diterima

Mengenal Beragam Produk Bisnis Qnet Yang Terbaru