Faktor Mempegaruhi Perkembangan Anak 1 Tahun



Anak yang memiliki usia 0-1 tahun sangat penting untuk Anda jaga pertumbuhannya. Dalam hal ini yang mempengaruhi Perkembangan Anak 1 Tahun ada beberapa faktor. Beberapa faktor inilah yang penting bagi Anda untuk mengetahuinya, supaya benar-benar bisa menjaga anak dengan baik di masa perkembangannya. Dengan kita mengerti ilmunya, maka akan semakin mudah melakukan langkah konkretnya.

Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Anak 1 Tahun, Wajib Anda Ketahui

1. Faktor lingkungan 



Lingkungan menjadi faktor utama yang mempengaruhi anak untuk berkembang, apa saja yang termasuk faktor lingkungan ini? Diantaranya seperti kondisi lingkungan rumah yang sehat, adanya tempat bermain yang tidak berbahaya bagi keselamatan anak.  Kemudian masukan atau apa yang diterima anak, ini termasuk apa yang anak dapatkan seperti pakaian dan perlindungan yang layaknya seperti asupan makanan sehat. Kemudian faktor lingkungan berikutnya yang tidak kalah pentingnya dalam pendidikan, anak berhak mendapatkan pengajaran dan pendidikan yang memadai dari Anda.

Itulah beberapa faktor yang berhubungan dengan lingkungan, berikutnya selain faktor lingkungan yang juga tidak kalah pentingnya mengenai faktor biologis.

2. Faktor biologis

Ini juga sebagai faktor yang mempengaruhi Perkembangan Anak 1 Tahun, maka dari itu juga perlu untuk Anda ketahui. Pertama mengenai Gender, Ini karena anak laki-laki dan perempuan memiliki kebutuhan serta intensitas pengajaran yang berbeda. Kedua yaitu mengenai Kesehatan, ini termasuk seperti anak lahir yang memiliki bobot normal atau di bawah standar berat badan yang semestinya. Selanjutnya Kesehatan Mental juga masuk dalam faktor biologis, contohnya seperti memperoleh kasih sayang, perhatian serta perlindungan. kemudian dengan pelatihan kesehatan, contohnya yaitu seperti mendapatkan pola makan, tidur serta bermain yang baik atau asupan ASI yang cukup

3. Faktor hubungan interpersonal

Apa saja yang termasuk dalam faktor hubungan interpersonal ini? Diantaranya seperti ketertarikan, gaya pengasuhan dan lingkungan sosial;

  • Ketertarikan

Biasanya memiliki ketertarikan yang kuat dengan seorang yang mengasuhnya

  • Gaya Pengasuhan

Anak harus memperoleh pola asuh yang baik dan konsisten

  • Lingkungan sosial 

Mendapatkan hubungan atau interaksi dengan orang lain yang lebih tua atau anak-anak yang seusianya

4. Lingkungan dan pengalaman awal

Berikutnya yaitu setelah kita mengenai 3 hal faktor lingkungan, biologis dan interpersonal. Maka selanjutnya yaitu fokus pada bagaimana cara kita mengasuh, untuk membentuk pola pikir serta membangun fondasi untuk pembelajarannya di masa depan.

Perkembangan anaka bisa meningkat kalau pengasuhnya melatih semua indra contohnya seperti sentuhan, bau, perasa, penglihatan hingga pendengaran dengan baik. Si kecil tentunya membutuhkan pengalaman seperti ini, hal itu untuk mengembangkan keterampilan sosial, emosional, bahasa, kognitif serta fisiknya. 

Apa yang Tepat Untuk Mendukung Perkembangan Anak 1 Tahun?

Perlu untuk kita ketahui bahwa Perkembangan Anak 1 Tahun berbeda di setiap fase pertumbuhan. Dalam hal ini dalam rangka untuk memastikan si Kecil bisa tumbuh dengan optimal, maka sangatlah diperlukan nutrisi dan stimulasi yang tepat. 

Mengenai masalah stimulasi ini sebaiknya diberikan sesuai dengan usia dan rutin, sedangkan nutrisi dapat Anda berikan dengan bentuk makanan bergizi dan dilengkapi dengan susu pertumbuhan untuk anak yang memiliki usia di atas 1 tahun. 

Dalam hal ini tentu saja Wyeth Nutrition hadir dengan memiliki produk varian susu S-26 GOLD, yaitu 

  • S-26 Procal GOLD ( Susu Pertumbuhan untuk anak 1 -3 tahun) dan S-26 Promise GOLD (susu bubuk untuk anak 3 tahun ke atas) ini berguna untuk mendukung kebutuhan nutrisi bagi si Kecil. 

  • S-26 Procal GOLD dan S-26 Promise GOLD dengan formula MULTIEXCEL™ αLipids System® membantu Mam untuk mendukung potensi si Kecil serta mengembangkan kemampuan belajarnya yang progresif supaya Dari Belajar Jadi Hebat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Kriteria Perhiasan Berlian Terbaru dan Berkualitas

4 Perbedaan Cincin Tunangan Elegan dan Cincin Nikah

Jangan Salah! Berikut Ciri Cincin Wanita Emas Asli