Perbedaan Tabungan Berjangka dan Tabungan Biasa



Ketika berkeinginan menabung dalam jangka panjang, Anda akan dihadapkan pada dua pilihan yaitu tabungan berjangka dan tabungan biasa. Dua produk perbankan ini memiliki kesamaan yaitu menabung untuk memudahkan finansial di masa depan. Semua jenis produk tabungan bisa membantu Anda mendapatkan kemudahan finansial dan membantu keuangan masa depan. Namun ternyata tabungan biasa dan berjangka memiliki perbedaan, di antaranya yaitu:

Fleksibilitas Pengambilan Uang

Perbedaan mendasar di antara keduanya adalah pada fleksibilitas pengambilan uang. Dinamakan berjangka karena uang hanya bisa diambil dalam jangka waktu tertentu. Sementara tabungan biasa bisa diambil kapan saja Anda butuhkan. Jika Anda ingin menyimpan dana dalam jangka waktu panjang, maka lebih baik mengambil tabungan jenis berjangka. Jangka waktu bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.



Manfaat

Perbedaan selanjutnya yaitu dari segi manfaatnya. Tabungan biasa bermanfaat untuk mengamankan uang dari tindak kejahatan seperti pencurian. Selain itu, Anda bisa mendapatkan fasilitas yang memudahkan misalnya seperti mobile banking, kartu ATM, dan lain-lain. Sedangkan manfaat dari tabungan berjangka lebih ke arah investasi jangka panjang. Pasalnya Anda harus menyimpan dana dalam jangka waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

Suku Bunga

Perbedaan yang terakhir yaitu dari segi suku bunganya. Karena berguna untuk menyimpan dana, jadi suku bunga tabungan biasa pada umumnya kecil. Jadi jangan mengharapkan dana yang Anda tabung bertambah banyak. Sedangkan pada tabungan jenis berjangka, suku bunganya tinggi hingga seperti deposito. Banyak orang menjadikan tabungan tersebut sebagai alat investasi yang rendah risiko selain deposito.

Itulah beberapa perbedaan antara tabungan berjangka dan tabungan biasa. Apabila digunakan untuk jangka panjang, lebih baik Anda mengambil tabungan jenis berjangka. Salah satu bank di Indonesia yang menawarkan jenis tabungan ini adalah Bank Danamon. Produk tabungan yang bernama Tabungan Cita2Ku bisa diajukan oleh siapa saja asalkan memenuhi syarat dan ketentuan.

Beberapa kelebihan produk dari Bank Danamon ini yaitu bunga tinggi, pilih tenor beragam, dan tidak ada biaya administrasi. Besar bunganya yaitu antara 3,00-3,25%. Anda juga bisa mengajukan aplikasi dengan mudah secara online. Alamat website yang bisa Anda kunjungi untuk melakukan aplikasi online yaitu www.danamon.co.id. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Kriteria Perhiasan Berlian Terbaru dan Berkualitas

4 Perbedaan Cincin Tunangan Elegan dan Cincin Nikah

Jangan Salah! Berikut Ciri Cincin Wanita Emas Asli