Cara Tepat Mengasuh Anak Aktif

Mempunyai anak yang aktif merupakan sebagai salah satu hal yang menyenangkan bagi orang tua. Lelah dalam mengasuhnya tidak menjadi salah satu hal yang membuat kualahan, namun bisa menjadi semangat tersendiri karena anak tumbuh sehat dan cerdas. Akan tetapi juga tidak bisa dipungkiri bahwasannya mengasuh anak aktif terkadang harus membuat orang tua menghabiskan tenaga dan fikiran ekstra

Sikap aktif tersebut bisa dikarenakan anak tersebut memiliki indikasi Attention Deficit and Hiperactivity Disorder (ADHD), namun tidak berarti semua anak yang aktif terindikasi gangguan tersebut. maka dari itu ada baiknya untuk Ibu dan Ayah melakukan konsultasi ke dokter jika akan mengalami gangguan ini.

Namun bagaimana untuk kita mengasuh anak yang terlalu aktif ini?

Beberapa Cara Tepat Mengasuh Anak Aktif

1. Menerapkan Rutinitas

Anak yang aktif cenderung kesulitas untuk merencanakan dalam mengatur kegiatannya sendiri. Maka dari itu lebih baik dan mudah kalau Anda sebagai orang tua menciptakan rutinitas dengan pola yang terus Anda ulang untuk setiap harinya.contohnya pada waktu tidur tiba ayah dan ibu bisa mengajak sikecil dalam beberapa rutinitas yang sering dilakukan seperti menyikat gigi, melipat baju bersama, mematikan lampu sebagai isyarat bahwa ia harus tidur dsb. Dengan adanya rutinitas yang terencana, maka tentu saja si kecil akan lebih mudah untuk belajar melakuan berbagai hal yang lebih terstruktur.

2. Peraturan Yang Konsisten

Untuk pola asuh anak yang aktif perlu untuk dilakukan secara konsisten serta disiplin, dengan bersama anak maka orang tua bisa membuat peraturan yang bisa Anda terapakan dirumah serta konsekuensinya. Dengan pola tersebut, anak tentunya akan lebih mudah untuk memahami apa yang boleh serta tidak boleh untuk mereka lakukan. Dalam hal ini akan akan bisa memahami konsekuensi dari tindakan yang melanggar atauran meskipun orang tua tidak perlu memberikan hukuman.

Caranya dengan membuat kesepakatan di awal dengan Ayah dan Ibu, maka ini akan dapat menghindari perilaku anak supaya tidak mau menuruti peraturan.

3. Ajak Anak Bermain

Seperti yang kita ketahui bahwa anak aktif mempunyai energy yang cukup besar, maka dari itu dalam hal ini pasti saja membutuhkan kegiatan yang bervariatif untuk menyalurkan energinya. Ayah dan Bunda bisa memberikan beberapa jenis mainan edukasi anak aktif diantaranya seperti Olahraga Outdoor, Puzzle, Bean Bag dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain menerapkan beberapa hal diatas tentunya anak aktif juga membutuhkan asupan yang tepat untuk mengoptimalkan masa pertumbuhannya. Untuk memberikan nutrisinya Anda bisa memberikan susu Dancow sebagai susu yang kaya manfaat untuk anak.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Simbol Kepribadian Dilihat Dari Pemilihan Letak Cincin Berlian Pria

8 Inspirasi Hadiah Anniversary untuk Pria

Lakukan Hal Ini Sebelum Menyewa Vendor Tukang Bangunan Jakarta