Hal yang Berpengaruh Pada Bunga Bank

Suku bunga yang diterapkan oleh bank di Indonesia sebenarnya tidak sembarangan. Suku bunga simpanan maupun pinjaman juga saling berpengaruh. Artinya besar suku bunga simpanan dipengaruhi oleh suku bunga pinjaman begitu pula sebaliknya. Selain itu, ada beberapa hal lain yang juga mempengaruhi besar bunga bank. Penasaran apa saja? Berikut di antaranya:

Kebutuhan Dana

Kebutuhan dana menjadi hal pertama yang mempengaruhi suku bunga. Sebagai contoh bank membutuhkan dana yang besar karena pinjaman yang masuk banyak, namun dana masih terbatas karena yang menabung sedikit. Agar dana cepat dipenuhi, maka mereka harus meningkatkan nasabah yang menabung dengan cara meningkatkan suku bunga simpanan.

Persaingan

Simpanan menjadi hal yang sangat penting bagi sebuah bank karena operasional menggunakan dana simpanan tersebut. Namun banyak bank yang menawarkan produk simpanan untuk para nasabah. Jika tidak memiliki keunggulan, maka bank akan kalah saing dan tidak mendapatkan nasabah yang menabung. Oleh sebab itu, nilai suku bunga bank untuk produk simpanan harus lebih tinggi dari bank lain. Begitu pula sebaliknya, nilai suku bunga produk pinjaman harus lebih rendah.

Kebijakan Pemerintah

Pada kondisi tertentu pemerintah berhak memberikan batas maksimal ataupun minimal dari suku bunga yang ditawarkan oleh bank. Dengan begitu, proses transaksi perbankan bisa berjalan dengan tertib.

Laba yang Diinginkan

Bank juga perlu mempertimbangkan laba ketika menentukan suku bunga. Apabila menginginkan laba besar, maka suku bunga untuk produk simpanan harus kecil dan suku bunga untuk produk pinjaman harus besar. Jadi besarnya persentase laba ini harus dipertimbangkan dengan baik karena terlalu tinggi laba membuat nasabah tidak tertarik melakukan transaksi.

Itulah beberapa hal yang berpengaruh pada tingkat suku bunga di sebuah bank. Jika mencari bank di Indonesia yang menawarkan bunga bank tinggi untuk produk simpanan, Anda bisa memilih Bank Danamon. Beberapa produk simpanan yang bisa dipilih dari Bank Danamon yaitu Tabungan Cita2Ku, Tabungan Danamon Lebih, FlexiMAX, dan masih banyak yang lainnya. Informasi lain mengenai produk simpanan Bank Danamon beserta suku bunganya bisa dilihat di www.danamon.co.id


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Kriteria Perhiasan Berlian Terbaru dan Berkualitas

4 Perbedaan Cincin Tunangan Elegan dan Cincin Nikah

Jangan Salah! Berikut Ciri Cincin Wanita Emas Asli