Inilah Pemberian Makanan Pendamping ASI Secara Tepat

Setiap orang tua tentu memberikan dukungan terbaik untuk tumbuh kembang buah hatinya. Termasuk memenuhi kebutuhan gizi si buah hati dengan maksimal. Ketika telah berusia 6 bulan, tentu sudah saatnya bagi bunda untuk memberikan si buah hati makanan pendamping ASI (MPASI). Pemberian MPASI penting sekali, karena menginjak usia 6 bulan ke atas kebutuhan gizi si buah hati semakin meningkat. Sehingga, bunda perlu untuk mencukupi kebutuhan gizinya melalui pemberian MPASI di samping pemberian ASI Eksklusif.

Untuk mendukung pertumbuhan anak yang optimal, mencukupi kebutuhan gizi hariannya tentu sangatlah penting. Disinilah MPASI memiliki peranan penting untuk membantu si buah hati mendapatkan asupan gizi serta nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya.  Bunda juga perlu untuk memberikan si buah hati jenis MPASI yang mudah dicerna, karena ini merupakan tahap awal pengenalan jenis makanan untuk buah hati. Tentunya selalu pastikan bahwa MPASI kaya akan berbagai nutrisi seperti vitamin, mineral, protein, dan karbohidrat.

Makanan pendamping ASI (MPASI) penting untuk diperkenalkan pada waktu yang tepat dan dengan jenis yang tepat. Karena hal tersebut mempengaruhi pola makan dan kesehatan si buah hati. Proses pengenalan MPASI untuk buah hati, dapat dimulai dengan memberikan jenis makanan dengan konsistensi yang ringan hingga lebih kental. Barulah kemudian dikenalkan jenis makanan yang sedikit bertekstur hingga jenis makanan padat. Pemberian MPASI yang diberikan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi si buah hati bisa meliputi:

  • Sayuran yang ditumbuk seperti wortel, labu, kentang, ubi.

  • Buah yang ditumbuk, seperti alpukat, apel, pir, pisang dan pepaya.

  • Bubur susu atau biskuit yang dihaluskan.

Setelah si buah hati sudah mulai terbiasa dengan jenis makanan bertekstur ringan di atas, bunda bisa meningkatkan jenis makanan yang diberikan. Bunda bisa mulai mengenalkan si buah hati dengan jenis makanan pendamping ASI yang lebih bertekstur seperti:

  • Daging tumbuk.

  • Kacang-kacangan tumbuk.

  • Sayuran-sayuran yang dicampur dengan kentang atau beras yang ditumbuk.

  • Sayuran-sayuran hijau yang ditumbuk, seperti kacang polong, kol, bayam atau brokoli.

  • Susu, yogurt, dan krim keju.

Pemberian lauk untuk MPASI buah hati tidak harus selalu menggunakan daging ayam. Bunda bisa memvariasikannya dengan hati ayam atau sapi, ikan, telur, tempe, tahu, kacang hijau, atau kacang merah yang dihaluskan. Sedangkan untuk menu sayuran, bunda bisa menggunakan bayam, labu kuning, wortel, brokoli, sawi, kembang kol, kangkung, dan sayur lainnya. Bunda bisa memberikan MPASI untuk buah hati setiap 2 hingga 3 kali dalam sehari. Barulah ketika buah hati telah menginjak usia sembilan bulan, bunda bisa memberikannya makanan padat seperti biskuit.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Simbol Kepribadian Dilihat Dari Pemilihan Letak Cincin Berlian Pria

8 Inspirasi Hadiah Anniversary untuk Pria

Lakukan Hal Ini Sebelum Menyewa Vendor Tukang Bangunan Jakarta