Pentingnya Asupan Gizi yang Seimbang Supaya Berat Badan Anak Menjadi Ideal

Salah satu tanda bahwa Buah Hati Bunda bertumbuh dengan sehat adalah mempunyai berat badan yang ideal. Akan mempengaruhi kondisi kesehatan si kecil apabila ia kelebihan atau kekurangan berat badan. Misalnya, ketika mengalami obesitas atau kelebihan berat badan anak akan bisa menimbulkan risiko terjadinya penyakit jantung ketika si kecil tumbuh dewasa nantinya. Sementara ketika si kecil kekurangan berat badan maka dapat menjadi tanda bahwa ia mengalami kekurangan gizi dan mampu memperbesar risiko terjadinya stunting.

Tips Menjaga Berat Badan Ideal Si Kecil 

Supaya buah hati bunda tidak kekurangan atau kelebihan berat badan maka bunda penting untuk memberikan makanan yang yang mempunyai gizi dan nutrisi seimbang. Misalnya yang mengandung zat gizi karbohidrat vitamin mineral protein lemak serat dan air. Berikut ini adalah tips menjaga berat badan anak secara ideal adalah dengan memberikan beberapa sajian dalam menu makanan setiap harinya.

  1. Buah dan Sayur

World Health Organization atau badan kesehatan dunia menyarankan bahwa penting untuk mengkonsumsi buah dan sayuran untuk setiap orangnya berjumlah 400 gram dalam 1 hari. Jumlah tersebut terdiri dari 150 gram buah yang setara dengan 3 buah pisang ambon atau jeruk ukuran sedang, serta 250 gram sayuran yang setara dengan 2,5 gelas sayur.

  1. Sumber Karbohidrat

Karbohidrat merupakan zat gizi utama yang dibutuhkan untuk menghasilkan energi. Kemenkes RI merekomendasikan anak pada usia 1 sampai 3 tahun untuk mengonsumsi sejumlah 155 gram karbohidrat untuk setiap harinya. Bunda dapat membantu dengan menyiapkan sekitar 3 porsi sumber karbohidrat dalam seharinya. Misalnya seperti, selembar roti tawar atau 1 buah kentang rebus pada pagi hari, serta 4 sampai 6 sendok nasi pada waktu makan siang dan malam.

  1. Sumber Protein

Tips berikutnya untuk menjaga berat badan anak yang ideal adalah dengan mencukupi kebutuhan proteinnya. Bunda dapat memperoleh asupan protein dari protein hewani sejumlah 2 sampai 4 porsi yang setara dengan  2-4 daging sapi ikan atau ayam yang berukuran sedang dalam satu hari. Tidak hanya itu Bunda bisa memberikan asupan nutrisi yang baik seperti Susu Dancow. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Kriteria Perhiasan Berlian Terbaru dan Berkualitas

4 Perbedaan Cincin Tunangan Elegan dan Cincin Nikah

Jangan Salah! Berikut Ciri Cincin Wanita Emas Asli