Permodalan Kredit Usaha Mikro Bagi UMKM

Salah satu cara menggerakan roda ekonomi yang sempat tersendat karena pandemi ini adalah menjadi UMKM.  Untuk permodalannya, Anda tentu tidak perlu pusing karena dapat memanfaatkan kredit usaha mikro yang dari Bank Danamon.

Sumber  Modal Kredit Usaha Mikro

Kredit usaha mikro merupakan permodalan yang dikucurkan oleh sejumlah perbankan untuk membantu permodalan bagi pelaku usaha UMKM. Namun, yang sering menjadi kendala adalah bagaimana dengan pembiayaannya.  Oleh karenanya simak penjelasan berikut tentang  berbagai sumber modal bagi UMKM.

Dana Pribadi

Dana pribadi dapat digunakan sebagai modal usaha UMKM Anda. Biasanya diperoleh dari tabungan atau pencairan investasi lainnya lainnya. Modal ini juga dapat berupa hibah atau pemberian pihak lain. Dalam hal ini, Anda tidak memiliki kewajiban untuk mengembalikan dana tersebut ataupun memberikan jasa atau bunga.




Pelaku usaha pemula umumnya menggunakan dana pribadi untuk merintis usahanya. Dengan pertimbangan jika terjadi risiko, maka yang menanggung hanyalah Anda sendiri tanpa perlu melibatkan orang lain.

Penambahan dana dapat diperoleh dari kelebihan hasil keuntungan penjualan produk UMKM Anda. Hal ini dikenal sebagai laba ditahan atau retained earning.

Dana Gabungan

Permodalan kedua adalah menggunakan dana gabungan, yaitu modal yang didapat dari partner usaha Anda. Dengan cara ini, tentu saja modal yang didapatkan akan lebih besar, namun keuntungannya lebih kecil, karena dibagi dengan partner tersebut.

Modal yang didapat ini bisa digunakan sebagai modal awal atau untuk pengembangan usaha yang ada.  Tentu saja hal ini harus dilandasi oleh kesepakatan permodalan antara Anda dan partner kerja.


Dana Pinjaman Bank

Dana pinjaman bank ini biasa disebut dengan kredit usaha khusus bagi pelaku UMKM. Modal ini diperoleh dari pihak perbankan dengan adanya kewajiban mengembalikan dana tersebut ditambah dengan jasa imbal hasil pinjaman.

Hal ini tentu sudah maklum, karena pihak perbankan pun membutuhkan biaya operasional untuk mengelola uang nasabahnya. Dengan meminjam ke bank, maka permodalan usaha Anda tercukupi dengan baik. Namun, persiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan sebagai syarat untuk mengajukannya.


Nah, bagi Anda pelaku UMKM, mengambil kredit usaha mikro merupakan salah satu cara untuk mengatasi masalah permodalan Anda. Kunjungilah situs resmi Bank Danamon atau kantor cabang terdekatnya untuk informasi lebih lanjut.



 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Furniture dan Dekorasi Untuk Ruang Tamu Bergaya Vintage Modern

10 Perawatan Wajah Alami Di Rumah

Inilah Kriteria Perhiasan Berlian Terbaru dan Berkualitas