Tips Membuat Desain Dapur Sederhana Untuk Rumah Minimalis

Rumah minimalis dipilih oleh orang-orang yang tidak memiliki area yang luas. Konsep minimalis menonjolkan fungsi dibandingkan nilai estetika atau keindahan. Karakteristiknya yaitu rapi, bersih, dan tidak berlebihan. Jika memiliki rumah minimalis, desain dapur sederhana sangat cocok untuk diterapkan. Sesuai namanya, desain dapur tersebut simple dan tidak membuat rumah yang sempit terlihat sesak. Anda yang menginginkannya bisa menerapkan tips berikut ini:

Menentukan Tema

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah menentukan tema yang Anda inginkan. Sebenarnya menentukan tema cukup mudah karena Anda hanya tinggal melihat tema keseluruhan rumah. Contohnya apabila rumah Anda bertema vintage, maka dapur juga harus bertema vintage. Karena rumah Anda minimalis, akan lebih baik apabila Anda memilih tema minimalis dengan sedikit sentuhan modern agar tidak monoton.

Memilih Warna yang Tepat

Tema dapur biasanya sudah menggambarkan warna apa yang akan Anda gunakan. Namun bukan berarti Anda tidak bisa memilih warna yang diinginkan. Desain minimalis menggunakan warna-warna yang netral. Contohnya yaitu warna putih, hitam, dan juga abu-abu. Anda bisa mengkombinasikan dua warna misalnya putih dan abu-abu. Agar tidak monoton, berikan sentuhan warna lain namun tetap warna yang netral dan tidak mencolok.

Pasang Kabinet Menyatu dengan Dinding

Kabinet merupakan furniture terpenting dari sebuah dapur. Pasalnya furniture tersebut digunakan untuk menyimpan peralatan dapur agar tidak berantakan. Pada desain dapur sederhana, sebaiknya Anda memasang kabinet hingga menyatu ke dinding. Tujuannya agar kabinet yang besar tidak memakan banyak space di ruangan dapur. Namun Anda juga perlu memilih kabinet yang tidak terlalu besar agar tetap minimalis.

Manfaatkan Kabinet dengan Baik

Kabinet yang Anda pasangan bukan hanya sebagai pajangan. Oleh sebab itu, Anda wajib memanfaatkannya dengan baik. Usahakan untuk mengatur peralatan dapur di kabinet sebaik mungkin sehingga muat banyak peralatan dapur. Anda bisa membuat rak di dalam kabinet agar peralatan dapur tersusun dengan rapi dan mudah dicari.

Memanfaatkan Dinding Untuk Penyimpanan

Peralatan dapur yang besar seperti panci dan wajan terkadang tidak bisa masuk ke dalam kabinet yang berukuran minimalis. Sebagai gantinya, Anda bisa memanfaatkan dinding untuk menyimpan peralatan dapur tersebut. Namun pastikan tersusun rapi sehingga tidak merusak pemandangan. Jika ingin tampilan yang lebih rapi, pilih panci dan wajan yang memiliki warna seragam.

Pilih Perabotan yang Ramping dan Tidak Terlalu Besar

Jika tidak suka memasang peralatan dapur di dinding, Anda bisa menyiasatinya dengan memilih perabotan yang tepat. Hindari membeli peralatan dapur seperti panci dan wajan yang besar. Usahakan memilih perabotan yang rampung atau tidak besar. Jadi Anda bisa menyimpannya dengan mudah di dalam kabinet.

Jangan Mengoleksi Peralatan Dapur

Sebagian besar wanita sangat suka mengoleksi peralatan dapur. Meskipun sudah punya wajan, mereka akan membeli wajan lainnya jika dirasa suka. Hal tersebut juga berlaku untuk peralatan dapur lainnya seperti panci, piring, gelas, dan lain sebagainya. Barang-barang yang terlalu banyak tersebut bisa membuat dapur Anda tampak berantakan. Apalagi jika kabinet tidak mampu untuk menyimpannya. 

Itulah tips yang bisa Anda ikuti saat membuat desain dapur sederhana. Dapur yang nyaman nantinya akan membuat Anda semakin nyaman saat memasak makanan. Dapatkan inspirasi lain untuk menghias dapur sederhana Anda melalui Master Rumah. Sebuah platform online yang bisa membantu Anda menemukan inspirasi seputar desain interior maupun pembangunan rumah. Anda juga bisa mendapatkan vendor yang bisa mewujudkan dapur impian. Penasaran dengan Master Rumah? Website yang bisa Anda kunjungi yaitu www.masterumah.id. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Furniture dan Dekorasi Untuk Ruang Tamu Bergaya Vintage Modern

10 Perawatan Wajah Alami Di Rumah

Inilah Kriteria Perhiasan Berlian Terbaru dan Berkualitas