5 Tips Aman Menggunakan Kartu ATM untuk Berbelanja

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, masyarakat perlu melakukan transaksi untuk menukar uang dengan barang yang diinginkan. Umumnya, transaksi tersebut melibatkan penggunaan uang tunai. Namun sekarang, penggunaan uang tunai mulai berkurang dan berganti dengan penggunaan kartu ATM. Kartu tersebut termasuk dalam fasilitas perbankan yang artinya diperoleh oleh seseorang yang sudah mengaktifkan rekening di Bank Sinarmas.

Kartu tersebut bisa dikatakan sebagai uang elektronik, pasalnya pengguna tidak lagi harus membawa uang tunai kemana pun. Kartu tersebut terhubung dengan rekening bank yang berisi sejumlah saldo atau uang. Uang dalam kartu tersebut dapat dimanfaatkan untuk berbelanja. Namun penting untuk diperhatikan bahwa menggunakan kartu tersebut harus bijak agar tidak boros dengan cara berikut ini.

Sediakan Rekening Ganda

Tips aman dalam menggunakan kartu debit yang pertama adalah dengan memiliki rekening ganda. Memiliki kartu debit lebih dari satu dengan membuka rekening ganda dinilai cukup efektif. Tujuannya untuk menyisihkan budget yang dikhususkan untuk berbelanja agar tidak tercampur dengan budget kebutuhan lainnya. Di samping itu, membuka rekening dan kartu debit yang dikhususkan untuk belanja bisa mengantisipasi ketika ada situasi darurat. Contohnya seperti lupa nomor PIN, diblokir saat transaksi, mencapai limit tarik tunai, dan lain sebagainya. 

Pastikan Belanja di Merchant Terpercaya

Meski bertransaksi menggunakan kartu debit sudah terjamin keamanannya, namun tidak ada salahnya jika pengguna tetap waspada saat transaksi berlangsung. Menggunakan kartu debit untuk pembayaran nontunai sebaiknya dilakukan di merchant-merchant yang terpercaya. Jika toko yang didatangi kurang tepat untuk melakukan pembayaran cashless, pastikan sudah menyiapkan uang tunai. Sebab tidak semua merchant menyediakan mesin EDC yang digunakan untuk pembayaran dengan kartu debit. 

Jaga Kerahasiaan PIN Selalu

Walaupun sudah memilih untuk berbelanja di toko terpercaya dan merasa aman, pengguna harus tetap menjaga kerahasiaan nomor PIN terutama saat memasukkan kartu ATM dan mengetikkan PIN di mesin EDC. Pengguna bisa menggunakan tangan sebagai penutup ketika memasukkan nomor PIN supaya tidak terdeteksi oleh siapapun. Menjaga kerahasiaan PIN dilakukan dengan tujuan untuk menjaga uang yang ada di tabungan. Selain itu juga perlu menghindari penggunaan nomor PIN yang mudah ditebak, seperti tanggal lahir, nomor telepon, angka urut, dan lainnya.

Tetapkan Limit Maksimal

Berbelanja dengan kartu debit memang menggunakan uang tabungan pribadi, namun bukan berarti bisa memanfaatkannya sepuas mungkin. Kartu debit untuk berbelanja harus tetap dibatasi. Misalnya menyiapkan saldo maksimal RP3 juta untuk berbelanja. Menetapkan batasan pada kartu debit ini penting dan perlu dilakukan. Di samping untuk mengontrol keuangan belanja, kartu debit yang saldonya banyak dikhawatirkan menjadi incaran pencuri dan merchant yang tidak bertanggung jawab ketika sedang bertransaksi. 

Simpan Kartu Debit dengan Aman

Tips yang terakhir adalah menyimpan kartu debit dengan aman saat dibawa berbelanja. Umumnya pusat perbelanjaan akan selalu ramai orang. Maka dari itu, pastikan kartu debit sudah berada di tempat yang aman. Meski membawa kartu debit tidak terlalu rawan layaknya membawa uang tunai, namun keamanan harus tetap diutamakan. Karena tidak jarang saat ini pencuri mengincar kartu debit, terutama dengan saldo yang lumayan banyak. Hindari membawa kartu kredit di tangan, hal itu tentu akan mempermudah para pencuri. 

Adanya kartu ATM pastinya semakin mempermudah kegiatan bertransaksi nontunai. Akan tetapi juga harus memperhatikan keamanan kartu debit saat melakukan transaksi. Sebagai bank terbaik, Bank Sinarmas juga menyediakan tabungan yang disertai kartu debit berlogo GPN yang dilengkapi dengan teknologi chip sehingga memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi dengan menggunakan PIN 6 digit.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Furniture dan Dekorasi Untuk Ruang Tamu Bergaya Vintage Modern

10 Perawatan Wajah Alami Di Rumah

Inilah Kriteria Perhiasan Berlian Terbaru dan Berkualitas