7 Strategi Digital Marketing dan Contohnya


Melakukan pemasaran digital merupakan hal yang sangat penting di era ini. Ada banyak kelebihan dari pemasaran digital atau digital marketing seperti hemat biaya, tidak membutuhkan banyak SDM penjualan, tidak harus langsung ke lapangan, dan masih banyak yang lainnya. Meskipun tampak sederhana, namun pemasaran digital harus dilakukan dengan tepat jika menginginkan hasil yang efektif dan efisien. Berikut ini adalah beberapa strategi dalam pemasaran digital yang biasa diterapkan, ada juga contoh-contohnya untuk lebih memahaminya :

Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO) merupakan strategi pemasaran digital yang selalu dilakukan banyak perusahaan. SEO ini merupakan usaha yang dilakukan untuk mendapatkan pengunjung secara organik. Caranya yaitu dengan menaikkan ranking website perusahaan di halaman pencarian Google. Jadi ketika ada orang yang melakukan pencarian maka website Anda yang akan muncul di halaman awal. Contoh penerapan SEO yaitu pembuatan artikel, pemasangan link situs di website populer, optimasi kecepatan situs, dan lain sebagainya.

Knowledge Marketing


Knowledge marketing juga termasuk strategi pemasaran yang perlu diterapkan banyak perusahaan karena penting dan berkualitas. Sesuai namanya, strategi ini bertujuan untuk memberikan informasi dan ilmu bermanfaat kepada calon pelanggan. Contoh penerapannya seperti pembuatan ebook gratis, email marketing berisi informasi penting, dan lain-lain.

Aktivasi Media Sosial

Media social marketing merupakan jenis digital marketing yang tidak pernah terlewatkan. Hal tersebut tidak mengherankan karena pengguna internet terbanyak berasal dari media sosial. Strategi yang diterapkan dalam media social marketing salah satunya yaitu aktivasi media sosial. Anda bisa menggunakan media sosial populer seperti Facebook, Youtube, Instagram, TikTok, dan lain-lain. Sementara contoh penerapannya yaitu mengunggah konten, melakukan endorsement, membangun engagement, dan lain sebagainya.

Soft Selling, Hard Selling, dan Hypno Selling

Ada tiga istilah penjualan paling umum yang biasanya diterapkan pada digital marketing. Ketiga istilah tersebut yaitu soft selling, hard selling, dan hypo selling. Soft selling merupakan metode penjualan yang bersifat persuasif dan tidak terlihat jelas jika mengajak untuk membeli atau menggunakan sesuatu. Lalu hard selling adalah penawaran produk secara jelas agar audiens membeli atau menggunakan sesuatu. Sementara hypnoselling adalah menjual dengan teknik-teknik khusus bisanya komunikasi secara elegan.

Analisa dan Penelusuran Data

Analisa dan penelusuran data ternyata termasuk strategi pemasaran digital yang sangat penting. Tujuannya yaitu untuk memudahkan dalam pengambilan keputusan. Pasalnya semua hal dalam pemasaran digital harus diambil dari data yang jelas, misalnya data media sosial dan kampanye iklan online.

Leads Generation

Dalam dunia marketing, arti dari leads adalah segala jenis kontak yang bisa digunakan untuk menghubungi konsumen. Contohnya yaitu akun media sosial, nomor telepon, email, dan lain-lain. Leads generation penting agar bisa mendapatkan leads sesuai target. Caranya yaitu dengan membuat konten yang bisa menarik leads (leads magnet) seperti buku gratis atau seminar.

Google dan Social Media Advertising

Strategi pemasaran digital yang terakhir adalah Google dan Social Media Ads. Ads atau iklan merupakan cara terbaik agar konten Anda bisa mencapai target yang tepat. Penggunaan Ads bisa menghasilkan engagement hingga penjualan. Contohnya yaitu memasang iklan berbayar di Google Ads, Instagram Ads, Facebook Ads, Youtube Ads, TikTok Ads, dan lain-lain.

Itulah berbagai strategi digital marketing yang bisa diterapkan. Untuk menghasilkan pemasaran yang efektif dan efisien, Anda harus memiliki tim yang kompeten dan berpengalaman. DIGINET Indonesia adalah digital agency yang bisa Anda jadikan pilihan jika ingin menjalankan kampanye pemasaran digital. Banyak layanan dari DIGINET Indonesia yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Anda juga bisa berkonsultasi dengan tim DIGINET Indonesia melalui website www.diginet.co.id



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Kriteria Perhiasan Berlian Terbaru dan Berkualitas

4 Perbedaan Cincin Tunangan Elegan dan Cincin Nikah

Jangan Salah! Berikut Ciri Cincin Wanita Emas Asli