7 Langkah dalam Memilih Creative Digital Agency Terbaik

Bagi seorang pemula yang ingin menggunakan layanan jasa creative digital agency, langkah memulai bisa jadi masalah terkadang membingungkan. Ya, tak sedikit bisnis yang bingung harus dari mana memulai langkah mereka sebelum mulai menggunakan jasa yang satu ini. Nah, silakan simak apa saja langkah yang perlu dilakukan untuk bisa memilih agensi terbaik sesuai kebutuhan Anda.

Memilih Creative Digital Agency, Darimana Harus Memulai?

Tentu saja sebelum mulai mencari suatu creative digital agency, Anda harus menentukan tujuan yang ingin dicapai. Ini adalah hal wajib, meskipun Anda belum punya ide tentang ide kreatif apa yang ingin digunakan nantinya. 

Semakin jelas tujuan pencapaian, maka semakin mudah pula pihak agensi dalam membantu Anda dalam membuat dan menjalankan kampanye digital marketing nantinya. Ini juga memudahkan Anda dalam memilih agensi, karena layanan profesional tetap memiliki pendekatan dan ide kreatif yang nantinya bisa disesuaikan dengan tujuan bisnis Anda. 

Setelah menentukan tujuan yang ingin dicapai dari menggunakan layanan agensi digital, maka langkah yang bisa Anda lakukan berikutnya adalah

1. Cek Website dan Akun Media Sosial Agensi

Mencari penyedia layanan digital marketing sesuai kebutuhan Anda, mungkin jauh lebih mudah menggunakan internet dan media sosial. Oleh karena itu, hal yang akan Anda hadapi pertama adalah website agensi yang harus jelas, mudah dipahami, rutin diperbarui, terlihat menarik, responsif dan disertai dengan kontak dan alamat yang jelas. Selain itu, Anda mungkin juga mencari di media sosial yang juga harus menampilkan kriteria yang tak jauh berbeda dengan website-nya, yaitu aktif, postingan yang relevan dan bermanfaat, serta berkomunikasi secara profesional.

2. Cek Profil Agensi 

Tidak sekedar melihat detail kontak, alamat, postingan yang ditampilkan di website dan media sosial saja, Anda juga perlu memastikan validitas informasi tersebut. Untuk itu, Anda bisa melakukan riset lebih jauh tentang profil dan latar belakang agensi hingga alamat kantornya. Silakan pelajari bagaimana agensi menyajikan profil jasa layanan mereka atau bandingkan dengan testimoni yang bisa Anda temukan di internet, forum, komunitas maupun media sosial.

3. Pertimbangkan Layanan dan Macam Jasa yang Ditawarkan

Nah, apabila profil agensi tersebut sudah cukup meyakinkan bagi Anda, berikutnya Anda bisa mempelajari detail layanan yang disediakan oleh agensi tersebut. Selain itu, anda juga bisa mempelajari jenis-jenis jasa yang ditawarkan dan pelajari detailnya. Anda pun bisa menilai seberapa relevan layanan dan jasa tersebut terhadap eksistensi digital bisnis Anda nantinya. Dalam hal ini, Anda sebaiknya sudah mempersiapkan estimasi budget tersendiri untuk kemudian dicocokkan dengan pihak agensi. 

4. Cek Portfolio Agensi 

Dari layanan dan jenis-jenis jasa yang ditawarkan agensi tersebut, Anda mungkin mulai mempertimpangakn salah satu atau beberapa di antaranya. Maka dari itu, pada tahap ini, Anda pun bisa melanjutkan dengan memeriksa portofolio agensi tentang layanan atau jasa tersebut. Bukan sekedar dilihat, Anda bisa melakukan verifikasi sendiri dengan mengunjungi hasil pekerjaan agensi tersebut atau menghubungi klien pemilik project tersebut.

5. Cek Testimoni lalu Hubungi

Memeriksa dan memverifikasi portofolio, juga memungkinkan Anda untuk menilai bagaimana testimoni klien yang menggunakan jasa agensi tersebut. Apabila testimoni tidak ditampilkan, Anda bisa menghubungi kontak klien tersebut untuk menanyakan bagaimana kepuasan mereka menggunakan layanan jasa dari agensi tersebut. Pastikan Anda hanya mendapatkan ulasan positif dari klien agensi tersebut sebelum menghubungi pihak agensi.

6. Cek Metode dan Teknologi yang Digunakan

Setiap agensi bisa saja menerapkan strategi dan metode yang berbeda untuk merancang dan mengelola digital marketing para kliennya. Hal ini bisa Anda ketahui setelah menghubungi kontak agensi seperti yang disebutkan pada tahap kelima tadi. Jadi, setelah Anda melakukan konsultasi maka pihak agensi akan mulai merumuskan strategi yang ideal untuk bisnis Anda. Dalam hal ini, Anda pun bisa menilai apakah metode maupun teknologi yang diterapkan pada strategi pemasaran tersebut relevan bagi bisnis Anda atau tidak. 

7. Pelajari Kontrak yang Digunakan

Nah, setelah Anda merasa bahwa agensi tersebt merupakan pilihan yang tepat, jangan tergesa melakukan pembayaran tanda jadi atau down-payment terlebih dahulu. Pelajari secara detil tentang kontrak kerja yang diajukan oleh agensi profesional tersebut. Pastikan kontrak tersebut jelas dan transparan, utamanya soal cakupan kerja dan pembayaran. Hal ini untuk menghindari adanya biaya tambahan tak terduga di kemudian hari.

Ideoworks bisa menjadi pertimbangan pertama Anda yang sedang mencari layanan creative digital agency profesional. Layanan ini akan membantu Anda dalam meningkatkan kehadiran digital bisnis Anda sehingga memiliki peluang lebih baik dalam menghadapi persaingan. Ya, bisa saja kompetitor Anda sudah menggunakan layanan agensi semacam ini bukan? 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Furniture dan Dekorasi Untuk Ruang Tamu Bergaya Vintage Modern

10 Perawatan Wajah Alami Di Rumah

Inilah Kriteria Perhiasan Berlian Terbaru dan Berkualitas