Digital Internet Marketing, Haruskah Kamu Menerapkannya?

Untuk apa belajar dan menerapkan digital marketing? Toh, tanpa sekolah di digital internet marketing, barang jualanku sudah ada semua tuh di e-commerce? Pertanyaan seperti ini mungkin pernah terbersit dalam benakmu yang punya usaha online dengan banyak akun di marketplace.

Untuk menjawab pertanyaan ini, tentu saja Kamu harus terlebih dahulu mengetahui apa saja manfaat dari pemasaran digital marketing ini.

Mengenal Manfaat Digital Internet Marketing dan Media yang Bisa Kamu Gunakan

Ya memang, produk itu bisa ditemukan di internet, tapi siapa yang melihatnya? Kalau tidak ada yang melihat jalanmu, siapa yang akan membelinya? Pertanyaan yang berbalas dengan pertanyaan seperti ini mungkin sedikit mengantarmu mengapa belajar digital marketing itu perlu bagi Kamu yang ikut berkompetisi di dunia online.

Tentunya Kamu sepakat bahwa saat ini orang cenderung lebih lama berada di internet ketimbang berada di dunia nyata. Lihat saja, berapa jam orang menggunakan smartphone mereka dalam sehari. 

Inilah kenyataan yang kemudian mengalihkan pasar konvensional menjadi pasar digital. Menjual barang di dunia digital bahkan sering dianggap lebih menjual ketimbang berdagang dengan cara lama.

Bisnis yang tak mau mengekspansi pasarnya ke ranah digital, bisa dikatakan tertinggal meskipun mereka memiliki kualitas dan reputasi yang mentereng sekalipun. Sebaliknya, bisnis pemula pun bisa langsung dinilai terpercaya hanya beberapa tahun melalui pemasaran digital yang optimal. Hal ini karena digital marketing memiliki berbagai kelebihan spesifik seperti 


-    Jangkauan Pasar Lebih Luas

Pemasaran digital memungkinkan bisnis dan produk bisa dikenal oleh calon pelanggan yang berada jauh dari lokasi usaha. Setiap orang yang terkoneksi ke internet bisa menemukan produk dan membelinya cukup dari smartphone mereka tanpa perlu beranjak dari sofanya. Pemasaran digital memungkinkan bisnis dan produk diketahui calon konsumen dari manapun dan kapanpun.

-    Lebih Efisien

Digital marketing juga memungkinkan bisnis untuk melakukan kegiatan pemasaran yang lebih hemat waktu, hemat tenaga dan hemat biaya. Tentunya efisiensi seperti inilah yang didambakan oleh setiap bisnis yang ingin mengeluarkan modal sekecil mungkin untuk mendapatkan hasil semaksimal mungkin. Modal, waktu dan tenaga yang dihemat pun bisa dialokasikan untuk pengembangan bisnis. 

-    Lebih Mudah Pengelolaannya

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh pemasaran online yaitu kemudahan dalam hal pengelolaan dan pelaksanaannya. Bagaimana tidak, calon konsumen masa kini dengan segala karakteristiknya seakan bisa melayani diri mereka sendiri cukup dengan deskripsi produk, gambar detail, konten atau artikel relevan dan presentasi. 

Kamu hanya perlu menyiapkan materi tersebut, selebihnya biar calon konsumen yang mencari. Saat mereka tak mendapat yang dicari,  barulah Kamu respon dengan cara yang kooperatif.

Setelah mengetahui beberapa kelebihan dari pemasaran digital di atas, lalu apa saja media pemasaran digital yang mungkin cocok diterapkan pada bisnis online yang sedang Kamu jalankan saat ini? 

Media Untuk Pemasaran Digital Internet

Ya dengan mengetahui media yang bisa digunakan, Kamu bisa menentukan sendiri perlu atau tidaknya digital marketing terhadap bisnismu agar hasil yang didapat sesuai harapan.

-    Media Sosial

Sudahkan Kamu memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran? Media sosial memiliki kekuatan yang sangat menjanjikan yang sayang jika Kamu lewatkan karena sebagian besar pengguna smartphone mengakses internet adalah untuk bermedia sosial. 

Lihat saja sekelilingmu, orang mungkin lebih memperhatikan akun media sosialnya ketimbang fisiknya sendiri bukan? Sayang sekali jika Kamu tidak memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi.

-    Melalui Email

Email mungkin menjadi satu hal yang harus dimiliki orang untuk saat ini, mulai untuk kebutuhan kerja, pendidikan atau sekedar untuk menggunakan smartphone. Berbagai layanan yang digunakan orang saat ini cenderung juga membutuhkan email.

Artinya Kamu pun juga bisa memanfaatkannya untuk mengirimkan berbagai informasi menarik dan relevan misalnya promo produk baru, diskon dan sebagainya yang membantu mempertahankan loyalitas konsumen.

-    Melalui Konten Video

Konten juga menjadi hal yang begitu penting dalam pemasaran digital. Selain halnya konten berupa artikel maupun gambar, konten seperti video yang relevan pun juga bisa menjadi media pemasaran yang efektif. Terlebih untuk saat ini semakin banyak platform media sosial yang juga mengoptimalkan fitur berbagi video. Ya, Facebook dan Instagram bisa saja dijadikan sebagai alternatif YouTube untuk video marketing bisnismu.

Bagaimana, sudah semakin yakin dengan pemasaran online? Jika masih bingung mencari tempat yang tepat untuk jasa marketing online, kamu bisa memilih Diginet. Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pemasaran digital paling terkemuka saat ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Kriteria Perhiasan Berlian Terbaru dan Berkualitas

4 Perbedaan Cincin Tunangan Elegan dan Cincin Nikah

Jangan Salah! Berikut Ciri Cincin Wanita Emas Asli