Langkah Tepat Dalam Menjalankan Social Media Campaign

Kampanye media sosial atau yang biasa disebut dengan Social Media Campaign merupakan salah satu jenis digital marketing yang sedang banyak digemari. Hal tersebut tidak lain dikarenakan perkembangan pesat pengguna internet di beberapa platform media sosial memang cukup besar. Hal tersebut tentu menjadi kesempatan emas bagi para pengusaha untuk memasarkan produk dan jasa yang mereka miliki.

Namun sayangnya, masih banyak pengusaha yang belum benar-benar memahami cara melakukan kampanye media sosial sebagai salah satu bentuk kegiatan pemasaran dengan baik. 

Lalu, langkah apa yang diperlukan dalam kampanye media sosial untuk memasarkan produk dan jasa? Berikut ulasannya.

Tentukan Tujuan dari Kampanye Media Sosial

Setiap kampanye yang dilakukan melalui media sosial harus memiliki tujuan yang sesuai kebutuhan bisnis. Misalnya, Anda ingin meningkatkan jumlah followers menjadi 10.000. Dari tujuan itu, Anda dapat mulai mengerti langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan. Dapat dikatakan, tujuan adalah kerangka dari perencanaan kampanye media sosial.


Ada beberapa tujuan lain dari kampanye media sosial yang dapat Anda gunakan, diantaranya:

  • Memperkenalkan produk baru
  • Membangun brand awareness
  • Menargetkan konsumen baru
  • Meningkatkan hubungan dengan konsumen
  • Meningkatkan angka penjualan
  • Mengembangkan relasi bisnis
  • Memasuki pasar yang lebih luas

Dari beberapa pilihan tujuan kampanye media sosial di atas, mana yang paling cocok bagi bisnis Anda? Jangan sampai salah memilih tujuan dari kampanyenya, ya!

Mengenali Platform Untuk Kampanye Media Sosial

Sebagai media yang sedang menjadi tren, banyak pengusaha berlomba-lomba dalam memasarkan produknya di berbagai platform media sosial. 

Perlu Anda ketahui karakter setiap platform media sosial tentu berbeda-beda, termasuk segmentasi penggunanya. Oleh karena itu, konten untuk kampanye yang akan dilakukan pun tidak bisa disamakan. 

Sebaiknya Anda sesuaikan kampanye seperti apa yang ingin dilakukan dan di platform mana yang akan di digunakan. Kemudian jangan lupa kenali dengan baik karakter serta segmentasi penggunanya, barulah strategi pemasaran terbaik dapat disusun berdasarkan hasil penilaian tersebut.

Luncurkan Postingan Secara Berkala

Berbeda dengan postingan pemasaran pada umumnya, kampanye media sosial membutuhkan lebih dari satu postingan atau dilakukan secara berkala agar benar-benar bisa membangun brand awareness pada audiens. 

Dengan kata lain, dalam sebuah kampanye, diperlukan effort yang dibangun dari awal hingga puncaknya ketika postingan diterbitkan. Inilah mengapa kampanye media sosial sering digunakan untuk memasarkan produk-produk baru, sehingga ketika produk tersebut diluncurkan, perhatian dan animo dari target pasar akan lebih besar.

Buat Konten Sebaik Mungkin

Konten di dalam kampanye sosial media tentu merupakan poin penting. Alasan utamanya yaitu Anda harus menyelipkan informasi yang ingin disampaikan ke target konsumen sebaik mungkin.

Strategi pembuatan konten yang baik akan mampu untuk menarik perhatian dan minat dari target pasar yang lebih besar lagi. Jadi, jangan remehkan peran konten di dalam kampanye melalui media sosial.

Nah itulah beberapa langkah-langkah yang wajib Anda perhatikan dalam pelaksanaan Social Media Campaign untuk mengembangkan bisnis. Agar lebih maksimal, pastikan juga kampanye sosial media dilakukan oleh tenaga ahli. Untuk urusan ini, Anda bisa mempercayakannya pada Ideoworks.id. Ideoworks.id sendiri merupakan salah satu digital marketing yang menawarkan jasa pemasaran digital dengan berbagai strategi yang dikuasainya. 

Dengan diisi oleh para tenaga profesional dan ahli di bidangnya, tentu Anda tidak perlu lagi untuk menggandeng Ideoworks.id menjadi partner untuk mengembangkan segala jenis usaha yang Anda miliki.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Furniture dan Dekorasi Untuk Ruang Tamu Bergaya Vintage Modern

10 Perawatan Wajah Alami Di Rumah

Inilah Kriteria Perhiasan Berlian Terbaru dan Berkualitas