5 Hal Cara Membuat Kartu Kredit Yang Wajib Diketahui

 

Di era sekarang ini, banyak orang berpikir untuk memiliki kartu kredit karena sangat membantu. Kartu kredit dianggap lebih aman digunakan daripada uang tunai atau kartu debit, dan cara ini adalah salah satu cara termudah untuk membangun kredit. Kartu kredit juga seringkali mendatangkan manfaat seperti kesempatan untuk mendapatkan hadiah untuk jenis pembelian tertentu. Bagi Anda yang tertarik dengan cara membuat kartu kredit, pahami beberapa informasi dibawah ini: 

Enam Hal Penting Yang Harus Anda Ketahui Dalam Cara Membuat Kartu Kredit

1. Ketahui Definisi Skor Kredit 

Skor kredit atau limit umumnya membantu penerbit kartu atau bank untuk menentukan kelayakan kredit Anda atau seberapa besar kemungkinan Anda akan membayar kembali pinjaman. Oleh karena itu, pastikan Anda mengawasi laporan kredit Anda, hal ini dikarenakan menjadi dasar skor kredit Anda. Periksa laporan Anda untuk kesalahan, dan pastikan untuk membantah kesalahan apa pun jika Anda menemukannya karena kesalahan dapat merusak peluang Anda untuk disetujui untuk mendapatkan kartu kredit.

2. Pikirkan Kembali Tentang Kebutuhan

Setelah Anda mengetahui kartu apa yang mungkin memenuhi syarat berdasarkan skor kredit Anda, inilah saatnya untuk memikirkan apa kebutuhan Anda akan kartu kredit nantinya. Ada banyak alasan mengapa seseorang menggunakan kartu kredit, diantaranya memenuhi kebutuhan rumah tangga, hadiah dari pembelian tertentu, atau alasan lainnya. Hal ini dikarenakan ada banyak jenis kartu kredit yang disesuaikan dengan tujuan dan prioritas tertinggi kebutuhan Anda. 

3. Pelajari Tentang Persyaratan Kartu Kredit

Ada banyak jenis kartu kredit sehingga tiap kartunya memiliki persyaratan yang berbeda pula. Anda dapat melihat pada aplikasi kartu kredit, dan ada baiknya untuk memahami persyaratan tersebut sebelum Anda mengajukan permohonan. Ada beberapa istilah yang perlu Anda pahami seperti biaya tahunan, tingkat persentase tahunan, transfer saldo, penarikan tunai, biaya penalti, tingkat penghargaan, bonus sambutan, biaya transaksi luar negeri. 

4. Periksa Pra-Persetujuan

Sebelum Anda mengajukan permohonan kartu, periksa kembali untuk melihat apakah permintaan Anda dapat disetujui sebelumnya. Namun, perlu diingat bahwa mendapatkan persetujuan awal tidak menjamin Anda akan mendapatkan kartu yang Anda lamar. Hal yang dimaksud adalah daftar persyaratan yang diajukan apakah sudah 100 persen memenuhi persyaratan yang diminta. 

5. Bersiaplah Apabila Skor Kredit Anda Mengalami Perubahan

Sebagian besar waktu, mengajukan permohonan kartu kredit akan memicu penyelidikan keras terhadap laporan kredit Anda. Hal ini berarti yang berarti bahwa penerbit kartu akan menarik laporan kredit Anda untuk memeriksa kelayakan kredit Anda. Sebuah penyelidikan keras akan menyebabkan skor kredit Anda turun sedikit. 

Jika Seandainya Anda mengajukan permohonan kartu kredit dan permohonan Anda ditolak, penting untuk diperhatikan saat Anda mengajukan permohonan kartu kredit berikutnya. Hal ini dapat disebabkan karena beberapa hal, salah satunya karena laporan pendapatan yang tidak memenuhi persyaratan atau ketidaklengkapan berkas yang diminta saat pendaftaran. 

6. Tentukan Strategi Pembayaran Kartu Kredit 

Memiliki kartu kredit tentu harus memiliki tanggung jawab melakukan pembayaran tepat waktu. Melakukan pembayaran terlambat atau pembayaran minimum membuat Anda terkena biaya denda atau biaya bunga. Hal ini tentu dapat berpotensi merusak nilai kredit Anda. Untuk itu, cara terbaik untuk membayar tagihan kartu kredit Anda adalah tepat waktu dan penuh setiap bulannya.

Salah satu bank di Indonesia yang memiliki pelayanan pembuatan kartu kredit terbaik yaitu Bank Sinarmas. Keunggulan yang ditawarkan dalam cara membuat kartu kredit pada bank Sinarmas ini yaitu pemrosesan cepat, mudah, cicilan 0%, pelayanan profesional, dan lain sebagainya. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Kriteria Perhiasan Berlian Terbaru dan Berkualitas

4 Perbedaan Cincin Tunangan Elegan dan Cincin Nikah

Jangan Salah! Berikut Ciri Cincin Wanita Emas Asli