Jenis Sistem Pembayaran Listrik yang Diterapkan di Indonesia



Listrik menjadi sumber kehidupan masyarakat yang belum tergantikan. Sekarang semua hal menggunakan listrik mulai dari belajar, memasak, bekerja, hingga melakukan berbagai macam aktivitas lainnya. Di Indonesia sendiri, listrik dikelola oleh PT. Perusahaan Listrik Negara atau PLN. Sesuai dengan aturannya, pengguna harus melakukan pembayaran listrik agar bisa digunakan untuk kehidupan sehari-hari.

Di masa lalu, PLN hanya menerapkan satu jenis pembayaran saja yaitu postpaid. Namun sekarang ada dua jenis pembayaran yaitu sebagai berikut ini:

Sistem Pembayaran Postpaid


Sistem pembayaran paling familiar adalah postpaid atau pascabayar. Pengguna listrik postpaid menggunakan terlebih dahulu layanannya, baru di bulan selanjutnya melakukan pembayaran tagihan listriknya. Ada beberapa keuntungan dan kekurangan sistem pembayaran postpaid yaitu sebagai berikut:

  1. Tidak perlu khawatir listrik akan habis

Keuntungan dari sistem pembayaran postpaid yaitu tidak perlu khawatir listrik akan habis. Dengan begitu, listrik tidak akan mati tiba-tiba kecuali memang ada pemadaman. Pembayaran yang dilakukan di akhir membuat pengguna bebas menggunakan listrik yang ada di rumahnya.

  1. Tidak perlu mengisi pulsa

Keuntungan selanjutnya yaitu tidak perlu repot-repot mengisi pulsa ketika listrik habis. Anda juga tidak perlu rutin melakukan pengecekan pada meteran. Mengisi pulsa cukup merepotkan terutama jika Anda sering kehabisan listrik. Dalam satu bulan bisa mengisi lebih dari 2 kali. Sedangkan postpaid hanya melakukan pembayaran sekali sebulan.

  1. Sulit mengendalikan pemakaian

Meskipun memiliki kelebihan, sistem pembayaran ini juga memiliki kekurangan. Sulit mengendalikan pemakaian karena tidak bisa memprediksi berapa pengeluarannya. Terkadang tagihan listrik satu bulan bisa sangat membengkak.

  1. Listrik diputus apabila menunggak lama

Kerugian lainnya yaitu wajib membayar tagihan tepat waktu. Jika tidak membayar tagihan, listrik akan diputus. Sedangkan proses penyambungan listrik baru cukup merepotkan jika listrik sudah diputus.

Sistem Pembayaran Prepaid

Sistem pembayaran yang kedua adalah prepaid atau prabayar. Termasuk sistem pembayaran baru namun sudah banyak masyarakat Indonesia yang menggunakannya. Sistemnya seperti pulsa HP, jadi Anda membeli toko baru bisa menggunakannya. Berikut ini adalah keuntungan dan kekurangan sistem pembayaran prepaid:

  1. Bisa mengontrol penggunaan listrik

Berbanding terbalik dengan pembayaran postpaid, pengguna listrik prepaid bisa mengontrol penggunaan listrik. Pasalnya Anda bisa melihat sisa token listrik di bagian meterannya.

  1. Tidak ada pemutusan listrik

Tidak ada pemutusan listrik seperti sistem pembayaran postpaid. Jadi Anda tidak akan kesulitan melakukan penyambungan layanan baru.

  1. Listrik mati apabila token habis

Tidak adanya pemutusan listrik tersebut juga memiliki kekurangan. Pasalnya ketika token habis, listrik di rumah Anda akan mati meskipun tidak ada pemadaman. Listrik akan hidup lagi apabila Anda membelikan token. Sebelum listrik habis, Anda harus memastikan untuk mengisi tokennya.

Cara Membayar Tagihan Listrik di Bank Sinarmas

Anda bisa melakukan pembayaran tagihan listrik prepaid maupun postpaid menggunakan mobile banking bernama SimobiPlus. Berikut ini adalah cara melakukan pembayaran:

  • Masuk ke aplikasi SimobiPlus lalu tekan “See All” yang ada di menu Pay/Top Up.

  • Pilih PLN (Postpaid/Prepaid/Non Taglis.

  • Masukan nomor ID pelanggan, kemudian tekan ikon selanjutnya.

  • Informasi nilai tagihan akan muncul.

  • Pilih Sumber Rekening Dana, lalu tekan Next.

  • Pastikan tagihannya sudah benar, jika sudah tekan Confirm Payment.

  • Masukkan EasyPIN.

  • Selesai. 

Itulah pembahasan mengenai dua jenis pembayaran listrik yang ada di Indonesia. Anda bisa menggunakan layanan Bank Sinarmas untuk pembayaran tagihan listrik postpaid maupun prepaid. Selain itu, Anda juga bisa membayar tagihan nontaglis. Nontaglis merupakan tagihan dari PLN di luar pembayaran bulanan. Contoh nontaglis yaitu perubahan daya, penerangan sementara, penyambungan baru, pelunasan angsuran, dan lain sebagainya. Informasi seputar layanan lainnya ada di website www.banksinarmas.com 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Furniture dan Dekorasi Untuk Ruang Tamu Bergaya Vintage Modern

10 Perawatan Wajah Alami Di Rumah

Inilah Kriteria Perhiasan Berlian Terbaru dan Berkualitas