Niche Market Strategy: 5 Strategi Sukses Raih Kemenangan Bisnis!

Niche market merupakan target atau segmen pasar yang cukup spesifik dari segi pasar yang lebih besar. Misalnya, penjualan tas wanita memiliki segmentasi nya sendiri. Sebagai contoh, tas wanita untuk sekolah, tas wanita untuk bekerja, piknik, atau bahkan tas wanita untuk pesta. Hal tersebut merupakan niche market strategy atau strategi pasar yang lebih spesifik.

Selain itu, menerapkan niche market strategy pada perusahaan Anda merupakan langkah yang baik demi kelangsungan bisnis Anda. dengan menerapkan strategi ini maka bisnis yang sedang Anda kembangkan akan menjadi lebih menonjol, berpeluang untuk menaikkan nilai/harga, mendapatkan loyalitas dari customers, dan juga kemungkinan berkurangnya kompetitor.

Apabila Anda sedang ingin meluaskan jangkauan bisnis Anda melalui sosial media, Ideoworks bisa menjadi salah satu solusi memuaskan dan bisa menjadi partner kerja yang menyenangkan. Bekerjasama dengan Ideoworks tentu menjadi kesempatan yang menyenangkan.

Lalu bagaimana cara menerapkan strategi ini ke dalam bisnis? Berikut ulasan yang dapat Anda pahami.

Mengidentifikasi ketertarikan atau minat calon customers

Sangatlah wajib untuk mengetahui minat dari para calon customers perusahaan. Caranya, buatlah daftar tentang 10 topik mengenai ketertarikan dan hal yang Anda gemari. Hal ini tentu saja dapat membuka jalan ke Niche Market. Mengapa harus memulainya dari hal yang paling diminati? Sebab dengan cara seperti ini akan membuka jalan ke niche market.

Menawarkan produk atau layanan yang unik

Pada dasarnya, menjual sesuatu tanpa adanya pesaing akan jauh lebih mudah daripada sebaliknya. Apabila Anda mampu menghadirkan ide bisnis yang unik atau berbeda dari yang lain maka hal tersebut tentu akan sangat memudahkan Anda di hari mendatang. Caranya adalah dengan mencari kebutuhan penting dalam hidup yang hingga saat ini belum terlalu terpenuhi. Misalnya, aplikasi ojek online yang saat ini dapat dengan mudahnya untuk digunakan.

Melakukan riset pada pesaing bisnis

Meskipun menjual sesuatu akan jauh lebih mudah tanpa kompetitor, tapi keberadaan para pesaing justru dapat membuat keuntungan tersendiri bagi bisnis Anda. Keberadaan para pesaing ini dapat dimanfaatkan untuk melihat apakah Anda masih bisa terlihat menonjol diantara para pesaing lainnya. Anda bisa menggunakan tools seperti Google Trends dan Google Keyword Planner untuk melakukan riset pada setiap pesaing yang terlihat potensial.

Pastikan niche market yang dipilih bisa memberikan keuntungan

Apabila Anda telah menentukan produk yang akan dipasarkan maka perlu sekali untuk mencari tahu keuntungan yang bisa didapat dari ide tersebut. Bandingkan produk Anda dengan produk kompetitor yang sejenis. Namun, ketika niche market nya benar-benar unik maka coba lakukan riset mengenai ketertarikan dari calon customers. Apabila tidak ada, berarti yang harus dilakukan adalah mundur terlebih dulu dan mencari solusinya.

Melakukan uji coba ide yang akan dijalankan

Langkah terakhir setelah menemukan ide niche market strategy adalah melakukan uji coba ide. Namun, apabila uji coba ide tidak terlalu berjalan dengan mulus jangan pernah menyerah dan selalu coba untuk lakukan analisa pasar. Persiapkan banyak plan untuk langkah berikutnya sehingga Anda tidak mudah jatuh ke lubang yang sama.

Demikian 5 langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis dengan cara menerapkan niche strategy sehingga bisnis yang dijalankan menjadi jauh lebih sukses dan berbeda daripada yang lain. Kunjungi Ideoworks untuk mendaftarkan bisnis Anda menjadi salah satu partner kerja dan pengembangan bisnis melalui media online.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Furniture dan Dekorasi Untuk Ruang Tamu Bergaya Vintage Modern

10 Perawatan Wajah Alami Di Rumah

Inilah Kriteria Perhiasan Berlian Terbaru dan Berkualitas