Filosofi dan Makna dari Engagement Ring

Prosesi pertunangan ditandai dengan memakaikan cincin ke jari wanita yang akan dipinang. Karena hal tersebut, engagement ring atau cincin pertunangan sangat penting dalam acara pertunangan. Namun pernahkah Anda memikirkan apa filosofi dan makna dari cincin pertunangan?  Apakah cincin pertunangan hanya sekedar bukti ikatan antara pria dan wanita sebelum menikah? Berikut pembahasan mengapa cincin pertunangan selalu hadir dalam acara pertunangan:

Dipakai di Tangan Kiri

Cincin pertunangan merupakan cincin yang biasanya digunakan di jari manis tangan kiri. Baik itu untuk pria maupun wanita, semuanya digunakan di jari manis tangan kiri. Ternyata ada filosofi mengapa cincin pertunangan dipakai di tangan kiri.

Berdasarkan kepercayaan Romawi Kuno dan Yunani, jari manis tangan kiri merupakan aliran vena cinta yang membawa darah menuju hati. Apabila menggunakan cincin di tangan tersebut, maka cinta antara pasangan akan selalu tumbuh hingga akhirnya menikah nanti. Ketika sudah menikah, cincin biasanya akan berganti ke jari manis tangan kanan.

Berbentuk Bundar

Apakah Anda sering melihat banyak pasangan memilih cincin berbentuk bundar untuk tunangan? Hal tersebut juga memiliki filosofi dan makna tersendiri. Bentuk bundar cincin bermakna hubungan yang tak terpisahkan antara pria dan wanita.

Bukan hanya itu saja, bentuk cincin yang bundar juga menjadi lambang keterikatan. Pria dan wanita yang sudah menikah tidak akan terpisahkan sampai maut. Selain itu, tujuannya agar setiap pasangan memiliki komitmen dan tidak mudah tergoda oleh hati yang lain sebelum pernikahan. Pasalnya ikatan pertunangan masih sangat banyak halangannya. Apabila tidak ada komitmen, maka pertunangan bisa saja gagal.

Dapat Dijadikan Cincin Nikah

Tidak sedikit orang yang beranggapan jika cincin tunangan tidak akan dipakai lagi setelah menikah. Padahal sebenarnya tergantung masing-masing orangnya. Bukan kewajiban untuk Anda mengganti cincin baru saat akan menikah.

Cincin pertunangan tersebut bisa digunakan sebagai cincin pernikahan. Apabila cincin hanya milik wanita saja, Anda tinggal membeli cincin untuk calon pengantin pria. Menggunakan cincin pertunangan sebagai cincin nikah bisa menghemat budget. Cincin juga memiliki makna yang mendalam karena sejarahnya yang panjang dari cincin pertunangan hingga menjadi cincin nikah.

Bukti Cinta

Cincin pertunangan yang diberikan pada wanita merupakan bukti dan simbol cinta. Memiliki cincin pertunangan artinya memiliki pasangan yang harus dijaga. Cincin ini pada umumnya digunakan setiap hari. Jadi Anda dan pasangan akan selalu ingat masing-masing ketika melihatnya.

Bahkan tidak sedikit pasangan yang menjadikan cincin pertunangan sebagai simbol pengikat cinta. Adanya cincin mengingatkan Anda dan pasangan untuk bersama-sama menjaga komitmen agar harapan di masa depan bisa terwujud.

Bukti Kekompakan

Acara pertunangan sudah menjadi adat yang dilakukan masyarakat sejak dulu. Pertunangan artinya adalah meminang wanita untuk menjadi pendamping hidup selamanya. Ketika bertunangan, itu artinya Anda siap menikah dan memenuhi kewajiban sebagai suami atau istri.

Cincin pertunangan sendiri ada yang hanya digunakan oleh wanita saja, namun ada juga yang digunakan oleh pria. Apabila digunakan oleh pria dan wanita, maka cincin bisa menjadi bukti kekompakan dan komitmen bersama.

Itulah filosofi dan makna mengapa engagement ring atau cincin pertunangan penting dalam prosesi pertunangan. Pastikan Anda memilih cincin yang berkualitas agar cincin tersebut bisa bertahan lama hingga dijadikan sebagai cincin nikah. Mondial Jeweler adalah brand perhiasan yang menawarkan banyak pilihan cincin mulai dari model simple sampai mewah. Koleksi cincinnya bisa Anda lihat langsung pada website www.mondialjeweler.com. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Furniture dan Dekorasi Untuk Ruang Tamu Bergaya Vintage Modern

10 Perawatan Wajah Alami Di Rumah

Inilah Kriteria Perhiasan Berlian Terbaru dan Berkualitas