Perbedaan Harga Kalung Berlian Asli dengan yang Palsu

Salah satu cara untuk membedakan jenis kalung asli dengan yang palsu yaitu dari harganya. Harga kalung berlian yang asli cenderung lebih mahal dibandingkan dengan berlian yang palsu. Dengan mengenali harganya, maka Anda bisa mengetahui apakah berlian tersebut asli atau palsu.

Selain itu, untuk mengetahui lebih detail, Anda juga harus mengetahui keasliannya secara detail, salah satunya bisa dengan menggunakan diamond selector. Alat tersebut bisa mengetahui keaslian berlian dengan cepat dan juga mudah.

Kenapa Harga Berlian Asli Lebih Mahal?

Pertama, kami akan coba menjelaskan terlebih dahulu alasan kenapa harga berlian asli bisa lebih mahal dibandingkan dengan jenis berlian palsu. Hal ini pada dasarnya tidak lepas dari kualitas dan juga kelangkaannya. Karena kelangkaan berlian inilah sehingga membuatnya lebih mahal.

Selain itu, berlian imitasi atau palsu biasanya terbuat dari bahan yang mudah rusak, salah satunya seperti plastik. Bahan tersebut bisa berubah warna ketika terkena api, tergores atau ditekan dengan benda yang lebih berat.

Di sisi lain, berlian asli tidak akan mudah rusak. Berlian asli merupakan jenis batu yang memiliki tingkat ketahanan tinggi. Seperti sifat batu pada umumnya, berlian ini tidak bisa terbakar, tidak akan tergores dan rusak.


Faktor yang Menentukan Harga Berlian

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi harga dari berlian. Selain keasliannya, berikut faktor lain yang menentukan harga dari berlian.

1.  Kualitas yang Dinilai dari 4C  

Color, cutting, carat dan clarity atau 4C merupakan 4 faktor yang biasa digunakan untuk menilai kualitas berlian. Color atau warna berlian harus jernih, cutting atau pemotongan atau bentuknya harus bagus, carat adalah berat berlian, clarity adalah kejernihan berlian secara menyeluruh.

2.  Berlian Standar dan Fancy Diamond

Pada dasarnya ada dua jenis berlian yang ada di pasaran, yaitu berlian model standar dan fancy diamond. Berlian standar umumnya memiliki warna putih atau bening sedangkan fancy diamond adalah berlian yang sangat langka yang punya berbagai variasi warna mulai dari pink, kuning, dan lainnya.

3.  Sertifikat

Sertifikat berlian berisi informasi terkait detail berlian itu sendiri. Mulai dari informasi seputar kualitas, keaslian, dan juga berbagai informasi lainnya. Artinya, berlian bersertifikat adalah berlian yang terjamin keaslian dan kualitasnya.

Tips Memilih Kalung Berlian Asli

Selain harganya, Anda juga harus memperhatikan beberapa aspek penting lain yang akan kami bahas disini agar Anda bisa mendapatkan kalung berkualitas. Berikut tipsnya.

1.  Panjang Kalung

Ada tiga varian ukuran kalung yang ada di pasaran. Adapun ukurannya yaitu panjang, sedang, dan pendek. Silahkan Anda pilih ukuran yang sesuai dengan selera dan kepercayaan diri saat menggunakannya.

2.  Perhatikan Rantai dan Liontin

Rantai tidak hanya berfungsi sebagai aksesoris. Rantai kalung juga berperan untuk menyangga liontin atau pendant. Maka dari itu, pastikan rantai kalung tersebut sesuai dengan besar liontin agar bisa menopang secara sempurna.

3.  Perhatikan Desainnya

Pilihlah desain yang sesuai dengan karakteristik Anda. Desain sangat penting, karena jika desain yang Anda gunakan terlihat menawan, Anda juga akan semakin percaya diri pada saat menggunakannya.

4.  Perhatikan Kualitas dan Keasliannya

Pastikan Anda memilih kalung berlian yang asli dan juga berkualitas baik dari material logamnya maupun berlian yang digunakannya. Anda bisa meminta penjual untuk membuktikan keasliannya dengan menggunakan diamond selector.

Demikian informasi seputar harga kalung berlian asli dengan yang palsu. Anda bisa mendapatkannya di The Palace.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Furniture dan Dekorasi Untuk Ruang Tamu Bergaya Vintage Modern

10 Perawatan Wajah Alami Di Rumah

Inilah Kriteria Perhiasan Berlian Terbaru dan Berkualitas