Inilah Info Beasiswa S2 Terbaru dari Universitas Indonesia

UI (Universitas Indonesia) merupakan salah satu universitas atau kampus yang menyediakan info beasiswa S2 terbaru. Bahkan, universitas ini selalu melakukan update terkait info beasiswa terbarunya.

Ingin tahu informasi lebih lanjut terkait beasiswa yang tersedia di salah satu universitas ternama di Indonesia ini? Yuk, simak penjelasan lengkapnya hanya di sini, karena info ini bisa bermanfaat untuk Anda yang ingin mendapatkannya.

Informasi Beasiswa Terbaru

Sebagai salah satu universitas ternama di Indonesia, Anda tidak perlu khawatir terkait masalah biaya yang mahal. Karena universitas ini menawarkan kesempatan bagi Anda yang ingin mendapatkan beasiswa.

Ada dua kategori beasiswa yang ada di sini. Kategori pertama yaitu berasal dari sponsor dan yang kedua dari UI sendiri. dua kesempatan ini bisa Anda jadikan sebagai peluang besar untuk mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2.

Di sisi lain, pihak universitas terkait juga memisahkan antara jenis beasiswa untuk yang kurang mampu dan beasiswa untuk mahasiswa yang berprestasi. Jenis beasiswa dari sponsor, pihak universitas akan melakukan sosialisasi informasi kemudian menyalurkan nya berdasarkan permintaan dan syarat yang diberikan oleh sponsor.

Bentuk Beasiswa

Pemberian beasiswa di universitas ini yaitu berupa keringanan dari penetapan BOP-B dan juga beasiswa kerja paruh waktu. Khusus untuk beasiswa kerja paruh waktu, bentuknya yaitu program kerja paruh waktu untuk mahasiswa yang bekerja paruh waktu di berbagai unit kerja yang ada di lingkungan universitas terkait.

Sementara itu, kewajiban mahasiswa yang harus Anda penuhi pada program ini yaitu 40 jam kerja setiap bulan dengan kompensasi yang bisa Anda dapatkan sebagai mahasiswa yang besarannya Rp300.000 per bulannya.

Sedangkan jenis beasiswa dari sponsor, biasanya datang dari pemerintah, perorangan, perusahaan, yayasan dan lainnya. Jenis pembiayaan beasiswa dan jangka waktu yang berbeda sesuai dengan perusahaan atau lembaga terkait.

Beasiswa sponsor biasanya akan membantu biaya kuliah Anda dari awal hingga selesai. Selain itu juga biasanya akan mendapatkan uang saku.

Jenis-Jenis Beasiswa Sponsor

Umumnya, jenis beasiswa dari sponsor ini terbagi ke dalam tiga jenis. Adapun jenis-jenisnya yaitu seperti:

1.  Beasiswa untuk calon mahasiswa yang berprestasi

Beasiswa khusus untuk calon mahasiswa berprestasi biasanya diproses dengan cara menyeleksi penerimaan melalui nilai Indeks Prestasi Kumulatif atau IPK. Itulah kenapa, Anda harus memiliki prestasi yang bagus dan juga menonjol agar bisa bersaing dengan pendaftar lain.

2.  Beasiswa untuk yang kurang mampu

Beasiswa khusus untuk yang kurang mampu, dikhususkan bagi calon mahasiswa yang benar-benar ingin kuliah, namun terbentur permasalahan kuliah. Syarat untuk mendapatkannya yaitu harus memiliki surat keterangan kurang mampu dari RT/RW setempat.

3.  Beasiswa campuran

Jenis beasiswa lain yaitu merupakan sebuah beasiswa yang memiliki kriteria berdasarkan gabungan antara kebutuhan calon mahasiswa dengan prestasi.

Tips Mendaftar Beasiswa

Bagi Anda yang ingin  mendapatkan beasiswa, jangan lupa untuk melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Selain itu, pahami  dan jalani setiap proses dan juga langkah-langkah mendaftar beasiswa yang sudah ditentukan.

Persyaratan masing-masing beasiswa biasanya berbeda-beda. Umumnya persyaratannya tergantung dari syarat yang diajukan. Informasi terkait persyaratan bisa langsung Anda temukan melalui situs resminya.

Persyaratan Pengajuan Beasiswa

Semua informasi terkait persyaratan bisa Anda akses secara online di situs resmi universitas terkait. Selain itu, Anda juga bisa langsung menghubungi Manajer Kemahasiswaan dan Alumni di masing-masing fakultas.

Selain itu, umumnya pihak terkait juga akan menempelkan pengumuman terkait informasi beasiswa di mading-mading fakultas. Dengan begitu Anda tidak akan kesulitan saat menemukannya.

Itulah info beasiswa S2 yang bisa Anda dapatkan dari salah satu universitas ternama yang ada di Indonesia. Bagaimana, tertarik untuk mendaftar?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Kriteria Perhiasan Berlian Terbaru dan Berkualitas

4 Perbedaan Cincin Tunangan Elegan dan Cincin Nikah

Jangan Salah! Berikut Ciri Cincin Wanita Emas Asli