Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memulai Bisnis Online di Indonesia

Banyak alasan yang menjadikan Indonesia sebagai tujuan yang menguntungkan untuk memulai bisnis online. Artikel ini membahas pertimbangan sebelum memulai online bisnis di Indonesia. Banyak alasan yang mendorong menjadikan Indonesia tujuan yang menguntungkan bagi pengusaha untuk memulai bisnis online. Alasan-alasan ini termasuk infrastruktur digital yang matang, kebijakan pemerintah yang mendukung, penetrasi internet yang meluas, dan populasi yang berkembang pesat. Khusus untuk e-commerce, sektor ini diperkirakan mendominasi industri digital sebesar 60%.

Cekindo mencantumkan beberapa pertimbangan utama sebelum memulai online bisnis di Indonesia.

pasar dipenuhi dengan begitu banyak pesaing dan itulah mengapa Anda perlu menilai pasar dan pelanggan dengan cermat untuk memudahkan Anda masuk ke ruang yang menguntungkan ini.

1. Jika Anda sudah memiliki bisnis yang sudah ada, membawa produk atau layanan Anda yang sudah ada secara online membuat usaha online Anda jauh lebih mudah.

Namun, jika Anda adalah penjual baru, luangkan waktu dan sumber daya yang diperlukan untuk mempelajari produk dan pelanggan Anda. Saat mendapatkan pengetahuan tentang pelanggan Anda, cobalah untuk berada di posisi pelanggan Anda dan pikirkan masalah yang mereka hadapi. Kemudian, temukan solusi atau produk yang akan membantu mengatasi masalah mereka.

2. Tempat Online untuk Menjual Produk

Ruang online penuh dengan tempat yang dapat Anda pilih untuk menjalankan bisnis Anda. Berhati-hatilah untuk memilih platform yang tepat di mana target pelanggan dan audiens yang Anda inginkan berada.

Dua platform paling populer untuk menjual produk atau bisnis Anda secara online adalah toko web dan pasar e-niaga. Platform toko web populer di Indonesia adalah Shopify dan Magento; marketplace online ternama di Indonesia adalah Zalora, Lazada, Qoo10, BliBli, Matahari Mall, JD, dan masih banyak lagi.

Anda dapat menjalankan bisnis Anda di salah satu platform ini atau menjual di keduanya. Jika Anda menjual di beberapa platform digital, Anda ingin menghasilkan pendapatan 190% lebih banyak. Menjual di beberapa saluran dianggap sebagai pilihan terbaik bagi pengusaha di Indonesia untuk mengembangkan bisnis mereka lebih cepat.



3. Masalah Hukum

Memang agak mudah untuk mendirikan bisnis online di Indonesia tetapi memiliki bisnis online yang sukses akan membutuhkan banyak tekad dan usaha. Anda harus memiliki dokumen yang tepat dan mematuhi persyaratan hukum.

  • Lisensi dan Izin

Adalah wajib untuk memperoleh izin usaha untuk bisnis online Anda di Indonesia sebelum Anda dapat mulai menjual secara digital dan legal. Pengusaha wajib mengajukan izin usaha secara online melalui sistem Online Single Submission (OSS).

  • Kepemilikan Asing

Investor asing dapat memiliki hingga 100% saham dari bisnis online yang mereka dirikan dengan modal investasi minimal Rp 100 miliar. Dengan modal investasi kurang dari Rp 100 miliar, kepemilikan asing maksimum adalah 49%.

  • Paten, Merek Dagang, dan Hak Cipta

Jangan melibatkan diri Anda dalam masalah hak cipta dan pelanggaran apa pun saat Anda menjual secara online. Jangan mengambil pekerjaan orang lain dan jangan biarkan siapapun mengambil kredit untuk pekerjaan Anda juga. Konsultasikan dengan profesional untuk masalah paten, hak cipta, dan merek dagang.

  • Batasan Pengiriman

Produk-produk seperti alkohol, parfum, sayuran, dan buah-buahan segar hanya dapat diimpor ke Indonesia dengan batasan tertentu. Jadi, Anda harus berurusan dengan beberapa prosedur dan dokumen untuk membawanya ke Indonesia.

  • Bagaimana Cekindo dapat Membantu ?

Cekindo telah membuat proses pendirian bisnis online di Indonesia menjadi efisien dengan mempertimbangkan kesederhanaan. Anda tidak perlu pengetahuan mendalam tentang adat dan hukum Indonesia jika Anda memilih kami sebagai mitra Anda untuk membangun bisnis online Indonesia Anda.

Dengan Cekindo, Anda juga dapat mencari badan hukum dan izin usaha yang paling sesuai berdasarkan kebutuhan dan anggaran Anda. Selain itu, kami memastikan bahwa pendaftaran perusahaan dan aplikasi lisensi Anda bebas dari kesalahan yang dapat menyebabkan penolakan atau penundaan.

Terhubung dengan Cekindo sekarang dan kami akan mulai membantu Anda memulai bisnis online Anda di Indonesia segera. Ini sangat sederhana. Isi formulir di bawah ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Kriteria Perhiasan Berlian Terbaru dan Berkualitas

4 Perbedaan Cincin Tunangan Elegan dan Cincin Nikah

Jangan Salah! Berikut Ciri Cincin Wanita Emas Asli