Content Production: 7 Jenis Konten untuk Pemasaran Produk

Konten merupakan istilah yang tidak asing lagi bagi pengguna internet dan media sosial. Pasalnya hampir semua hal yang ada di internet bisa dinamakan konten. Secara sederhana, konten merupakan informasi yang bisa didapatkan dari produk elektronik. Content production atau memproduksi konten berkualitas menjadi salah satu teknik pemasaran produk yang banyak digunakan perusahaan. 

Namun sebelum mulai memproduksi konten berkualitas, Anda perlu mengetahui apa saja yang bisa disebut dengan konten. Jadi Anda bisa memilih jenis konten yang tepat untuk pemasaran produk. Tidak perlu berlama-lama, berikut ini 7 jenis konten yang bisa Anda pilih:

Website, Blog, dan Microsite

Konten yang paling sering digunakan untuk pemasaran produk adalah konten website, blog, dan microsite. Tidak hanya bisnis besar saja, konten-konten tersebut juga digunakan untuk bisnis UMKM. Konten di ketiga platform tersebut berupa tulisan dalam bentuk artikel. Penerapan content marketing seperti SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing) akan membuat konten website berada di halaman utama mesin pencarian.

Video

Video merupakan salah satu jenis konten yang paling populer akhir-akhir ini. Kombinasi antara visual dan audio dari konten video ternyata banyak disukai. Selain itu, kebanyakan orang merasa lebih paham jika melihat konten video dibandingkan konten lainnya. Content marketing dari konten video bisa disebarkan melalui media sosial seperti Instagram, YouTube, maupun TikTok.

Infografis

Infografis cocok untuk Anda yang ingin membagikan informasi namun dikemas lebih menarik dan mudah dipahami. Jadi tujuan konten bisa lebih cepat tersampaikan. Konten ini bertujuan menyampaikan informasi melalui perpaduan teks dengan elemen visual. Contoh elemen visual yang digunakan bisa berupa gambar, ilustrasi, grafik, maupun tipografi. 



Podcasting

Podcasting mulai populer akhir-akhir ini dengan semakin banyaknya podcaster yang membuat konten podcasting. Secara sederhana konten ini mirip dengan aktivitas siaran radio. Namun wajah orang yang sedang melakukan percakapan juga ditampilkan. Produk yang sedang dipromosikan biasanya akan diletakkan di antara podcaster sehingga terlihat oleh penonton.

Media Sosial

Potensi pemasaran melalui media sosial sangat tinggi karena penggunanya yang sangat banyak. Bahkan sebagian besar pengguna internet menggunakannya untuk mengakses media sosial. Anda bisa membuat konten berupa foto, video, maupun tulisan di platform media sosial. Pastikan konten menarik agar audiens mau mengikuti Anda.

Email Newsletter

Sesuai dengan namanya, email newsletter merupakan jenis content marketing yang memanfaatkan platform email. Untuk membuat konten ini, biasanya Anda harus membuat konten promosi terlebih dahulu. Bisa berupa poster ataupun headline tulisan. Namun pertimbangkan efektivitasnya sebelum membuat email newsletter.

E-book

Jenis konten terakhir yang bisa Anda pertimbangkan saat memproduksi konten adalah e-book. Electronic book atau buku elektronik biasanya berupa PDF yang berisi informasi seputar produk atau jasa. Mulai dari deskripsi produk, kelebihan, layanan, dan lain sebagainya.

Itulah 7 jenis konten yang bisa Anda buat saat merencanakan content production. Memproduksi konten merupakan langkah awal untuk melakukan pemasaran yang efektif dan efisien. Jika konten yang dihasilkan buruk, maka goals yang diinginkan tidak akan pernah tercapai. 

Agar bisa membuat konten yang berkualitas dan menarik, Anda harus menggunakan jasa agensi yang kompeten dan berpengalaman. IDEOWORKS bisa membantu memenuhi semua kebutuhan pemasaran digital bisnis Anda. Berbagai macam layanan ditawarkan untuk menyesuaikan kebutuhan. Lakukan konsultasi sebelum berkolaborasi dengan IDEOWORKS. Anda bisa menghubungi tim di website resmi yaitu www.ideoworks.id.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Furniture dan Dekorasi Untuk Ruang Tamu Bergaya Vintage Modern

10 Perawatan Wajah Alami Di Rumah

Inilah Kriteria Perhiasan Berlian Terbaru dan Berkualitas