Hendak Membeli Cincin Berlian Wanita? Perhatikan Beberapa Tipsnya Berikut Ini!


Sudah sejak dulu, cincin berlian wanita memang merupakan salah satu jenis perhiasan yang mampu menunjang penampilan kaum hawa menjadi lebih cantik dan menawan. Tak hanya itu saja, cincin ini juga kerap digunakan dalam momen-momen spesial bagi para pasangan seperti acara pertunangan maupun pernikahan. 


Nah, bagi Anda para pemula atau baru pertama kali membeli cincin dengan balutan berlian untuk berbagai kebutuhan, tentu wajib mengetahui seperti apakah berlian yang asli, berapa karat berlian hingga seperti apa potongan berlian yang tepat dan sesuai dengan karakter. 


Agar tidak salah dalam memilih cincin, beberapa tips yang kami hadirkan khusus untuk Anda dalam memilih cincin berlian wanita dengan tepat. Adapun beberapa tipsnya yaitu:


  1. Pilih potongan terbaik 

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan ketika hendak membeli cincin berlian adalah potongannya. Potongan atau cut dari sebuah berlian dapat menentukan kualitas serta kilaunya, lho! Hal tersebut karena bentuk dari potongan berlian akan menentukan kemampuan berlian dalam memantulkan cahaya.


Setidaknya ada 5 tingkatan kualitas potongan berlian. Jika diurutkan dari yang terendah yaitu poor, fair, good, very good dan excellent. Yang perlu digaris bawahi adalah semakin tinggi tingkat kualitasnya, maka akan semakin mahal pula harganya. 


Potongan berlian juga memiliki banyak jenis, diantaranya yaitu round, princess, emerald, cushion, oval, heart dan masih banyak bentuk lainnya yang bisa disesuaikan dengan selera dan karakter penggunanya. 


  1. Perhatikan aspek kejernihan dan warna

Selain potongan berlian, aspek kejernihan (clarity) dan warna (color) juga tidak bisa dikesampingkan dan harus diperhatikan sebaik mungkin. Karena, semakin jernih sebuah berlian, maka akan semakin indah dan harganya pun juga akan semakin mahal. 


Meski demikian, perlu diketahui bahwa pada dasarnya berlian tetap memiliki cacat atau inklusi akibat proses penambangannya. Inklusi inilah yang dapat mengurangi kejernihan berlian. Namun inklusi tersebut tidaklah kasat mata dan hanya bisa dilihat melalui pembesaran hingga 10x oleh grader profesional. 


Untuk tingkatan kejernihan berlian dimulai dari yang paling jernih flawless, internally flawless, very very slightly inclusion very slightly inclusion, slightly inclusion dan imperfect. 


Untuk warna atau color, rentang pengukurannya dibagi dalam 5 kategori. Adapun kategori tersebut yaitu colorless (D-F), near colourless (G-J), faint (K-M), very light (N-R) dan light (S-Z). 


  1. Tukan karat berlian

Berbeda dengan karat pada perhiasan emas, karat berlian merujuk pada berat berliannya. Satu karat berlian setara dengan 0,02 gram. Untuk berlian yang lebih kecil, dinyatakan dalam 1 poin yang setara dengan 0,01 karat. 


Semakin besar nilai karat berlian, maka harganya pun akan semakin mahal. Jika Anda ingin memilih berlian 1 karat, maka pilihlah cincin berlian dengan berat 0,95 karat. 


  1. Pilih berlian bersertifikat

Karena cincin dengan balutan hiasan berlian bukanlah barang yang murah, maka pastikan Anda hanya membeli perhiasan satu ini yang memiliki sertifikat resmi. Sertifikat sendiri berfungsi sebagai penegas kualitas dan keaslian berlian tersebut. 


Namun Anda juga harus memperhatikan lembaga penerbit sertifikat berlian tersebut, ya! Pastikan sertifikat diterbitkan oleh lembaga otoritas berlian kredibel seperti GIA ( Gemological Institute of America). 


Itulah dia beberapa tips yang perlu diperhatikan oleh Anda yang akan membeli cincin berlian wanita untuk pertama kalinya. Selain menerapkan tips yang sudah disebutkan diatas, pastikan juga Anda membelinya di toko perhiasan profesional dan terpercaya yaitu Mondial Jeweler.


Mondial Jeweler sendiri merupakan toko/brand penyedia berbagai jenis perhiasan yang selalu menyertakan produk yang ditawarkannya dengan sertifikat resmi dari lembaga yang kredibel.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Kriteria Perhiasan Berlian Terbaru dan Berkualitas

4 Perbedaan Cincin Tunangan Elegan dan Cincin Nikah

Jangan Salah! Berikut Ciri Cincin Wanita Emas Asli