5 Contoh Aktivitas Bermain Sambil Belajar di Rumah



Orang tua memiliki peran penting untuk melatih kecerdasan anak tanpa menghilangkan waktu menyenangkan untuk mereka. Cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah mengajak Si Kecil bermain sambil belajar. Aktivitas ini layaknya permainan biasa namun dapat meningkatkan kecerdasan dan mengasah berbagai jenis kemampuan. 

Contoh Aktivitas Bermain Sambil Belajar di Rumah

Berikut ini adalah aktivitas-aktivitas yang bisa Anda berikan pada Si Kecil di rumah:

1. Permainan Tebak Kata

Permainan tebak kata sederhana bisa membantu Si Kecil meningkatkan kemampuan berbahasa. Alat yang dibutuhkan untuk melakukan permainan ini adalah kartu bergambar. Selanjutnya buka setiap gambar dan minta Si Kecil menebak nama yang ada di gambar.

2. Bermain Peran

Bermain peran merupakan permainan yang sangat disukai anak karena mereka bisa mengasah kreativitas dan imajinasi. Ada banyak contoh peran yang bisa dicoba misalnya dokter hewan, dokter umum, pemadam kebakaran, koki, dan lain sebagainya.

3. Membangun Bentuk

Anda bisa membantu Si Kecil untuk bermain membangun bentuk. Mainan ini biasanya berbentuk balok yang bisa disusun membentuk bentuk tertentu. Ukurannya ada yang kecil maupun besar. Mulailah membangun istana, rumah, atau bentuk-bentuk lainnya bersama Si Kecil.

4. Bermain Lilin Mainan

Lilin mainan merupakan mainan yang cocok dimainkan oleh anak yang ingin meningkatkan kemampuan motorik halus. Cara mainnya yaitu dengan menekan dan membentuk lilin. Manfaatnya bisa menguatkan dan memperbaiki otot tangan dan pergelangan tangan anak. 

5. Bernyanyi dan Bermain Alat Musik

Permainan terakhir yang tak kalah menyenangkan yaitu bernyanyi dan bermain alat musik. Si Kecil masih sangat suka bernyanyi di usia balita. Anda bisa mengembangkan keterampilan musikal dengan mengajak bernyanyi dan bermain alat musik. Alat musiknya bisa yang bentuknya mainan dulu. Sesuaikan mainan yang dipakai dengan tingkat usia anak.

Nah, itulah rekomendasi aktivitas yang bisa membantu Si Kecil bermain sambil belajar. Ingin permainan yang lebih seru? Anda bisa memberikan Kinder Joy varian apa saja untuk Si Kecil. Di dalamnya berisi mainan seru yang bisa dikoneksikan dengan aplikasi Applaydu. Melalui aplikasi tersebut Si Kecil bisa belajar banyak hal. Jadi jangan ragu membeli Kinder Joy!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Kriteria Perhiasan Berlian Terbaru dan Berkualitas

Jangan Salah! Berikut Ciri Cincin Wanita Emas Asli

Tips Mix And Match Kalung Berlian Cantik Dari Jewellery Store Mondial