Cara Konsumsi Asam Folat untuk Program Hamil



Asam folat merupakan salah satu nutrisi penting yang bagus untuk program kehamilan. Asam folat untuk program hamil tidak hanya untuk wanita saja, selain itu juga bagus untuk pria. Jadi, pastikan Anda mengkonsumsinya secara rutin jika sedang dalam masa program tersebut.

Lalu, kapan dan bagaimana cara mengkonsumsi asam folat yang tepat dan juga ideal? Serta, makanan dan suplemen apa saja yang mengandung nutrisi tersebut? Nah, di artikel ini kami akan coba membahasnya secara detail kepada Anda.

Cara Mengkonsumsi Asam Folat yang Tepat

Asam folat merupakan sebuah mikronutrien yang sangat penting sekali untuk program kehamilan. Kurangnya asupan asam folat saat kehamilan, terutama di trimester pertama, bisa berpengaruh tidak baik pada janin. Itulah kenapa, asupan asam folat sangat penting di trimester pertama.

Meski begitu, mengonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung asam folat pada dasarnya bisa Anda konsumsi sebelum masa kehamilan. Dengan begitu, pada saat memasuki masa kehamilan, kebutuhan asam folatnya sudah terpenuhi.

Mengkonsumsi asam folat bisa dilanjutkan hingga kehamilan berusia 12 minggu. Pasalnya, asam folat juga sangat bagus untuk pertumbuhan dan juga perkembangan janin di dalam kandungan.

Seberapa Banyak Asam Folat yang Harus Dikonsumsi?

Mengkonsumsi asam folat harus setiap hari bagi Anda yang berencana untuk menjalankan program kehamilan. Adapun jumlah asam folat yang bisa Anda konsumsi yaitu sebanyak 500 mikrogram.

Asupan nutrisi asam folat bisa Anda dapatkan dari berbagai jenis sayuran hijau, telur, daging, hingga susu. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkannya dari makanan laut, atau seafood dan juga hati sapi.

Suplemen yang Mengandung Asam Folat

Selain melalui makanan, Anda juga bisa mendapatkan asupan asam folat dari suplemen. Salah satunya yaitu suplemen Blackmores I-Folic yang memiliki kandungan asam folat sekaligus yodium dengan dosis yang tergolong tepat.

Suplemen ini bisa membantu memenuhi kebutuhan asam folat yang bisa membantu Anda pada masa sebelum kehamilan maupun masa kehamilan. Karena seperti yang kami jelaskan, konsumsi asam folat bisa mulai dari sebelum hamil.

Itulah informasi seputar cara konsumsi asam folat untuk program hamil mulai dari jenis makanan, minuman hingga jumlahnya. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Kriteria Perhiasan Berlian Terbaru dan Berkualitas

4 Perbedaan Cincin Tunangan Elegan dan Cincin Nikah

Jangan Salah! Berikut Ciri Cincin Wanita Emas Asli