Berbagai Ciri Berlian Asli untuk Mendapatkan Perhiasan Berlian Berkualitas



Salah satu aspek yang harus dijaga setiap saat adalah penampilan. Terlebih ketika sedang menghadiri berbagai macam acara penting tentu penampilan menjadi hal yang paling disorot. Hal ini menuntut anda untuk mengetahui berbagai macam perkembangan trend fashion dan juga pelengkapnya saat ini. Salah satunya dengan menggunakan berbagai macam jenis perhiasan. Untuk itu mendapatkan perhiasan berlian berkualitas menjadi sebuah keharusan untuk anda dalam menunjang setiap penampilan. Selain itu perlu diketahui berbagai macam ciri-ciri berlian yang asli untuk mendapatkan perhiasan yang tepat. Oleh karena itu simak informasinya berikut ini. 



Tahan panas

Berlian asli tidak akan berubah suhu jika dipanaskan karena berlian asli dapat menyebarkan panas dengan cepat sehingga suhu akan stabil. Hal tersebut juga berpengaruh pada kekuatan berlian jika dipanaskan, berlian asli tidak akan hancur saat dipanaskan. 




Cara mudah untuk menguji keaslian berlian dengan panas dapat dilakukan dengan memanaskan berlian sekitar 1 menit kemudian masukan berlian tersebut ke dalam air, jika berlian tersebut rusak maka dapat dipastikan palsu. 

Tidak dapat mengambang di air 

Berlian asli akan tenggelam jika dimasukan ke dalam air. Jika anda ingin menguji keaslian suatu berlian anda dapat memasukkannya ke dalam air, hal ini tentu akan sangat mudah dilakukan. 


Berlian asli memiliki sertifikat

Sertifikat dapat dijadikan bukti pasti keaslian suatu batu berlian. Sertifikat ini tentu tidak dikeluarkan oleh sembarang pihak, terdapat beberapa instansi resmi yang dapat menguji keaslian dan mengeluarkan sertifikat berlian yaitu American Gem Society, Gemological Institute of America, International Gemological Institute, European Gemological Laboratory dan Hoge Raad Voor Diamant. 


Berlian asli tidak mudah dipecahkan

selain tahan panas, berlian asli juga terkenal atas ketahanannya. Berlian merupakan jenis batu yang paling keras di bumi dengan tingkat kekerasan mencapai 10 Mohs. 


Tahan goresan

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa berlian memiliki ketahanan yang baik, berlian juga kuat terhadap goresan goresan kecil. Jika anda ingin menguji keaslian berlian, coba goreskan berlian tersebut dengan kaca dan lihat apa yang terjadi. Jika yang tergores adalah kaca maka dapat dipastikan bahwa berlian tersebut asli. 


Berlian dapat memantulkan cahaya

Selain kekuatannya yang baik, berlian merupakan jenis batuan yang cantik. Berlian asli dapat memantulkan cahaya dari sisi manapun, berbeda dengan berlian palsu yang hanya dapat memantulkan cahaya dari bagian atasnya saja. 


Berlian asli biasanya memantulkan cahaya bernuansa abu abu. Anda perlu hati-hati jika menemui berlian yang memantulkan warna warni lain karena dapat dipastikan bahwa jenis berlian tersebut adalah berlian palsu. 


Berlian tidak dapat dijadikan cermin yang baik

Berbicara mengenai keindahan dan ketahanan berlian, kali ini justru sebaliknya. Berlian tidak akan dapat membiaskan cahaya dalam satu garis lurus melainkan ke arah lain. Sehingga jika anda meletakan berlian datar di atas tulisan, justru tulisan tersebut tidak akan terbaca jelas. Berbeda dengan berlian palsu yang terbuat dari kaca yang akan menjadi cermin yang baik bagi tulisan di belakangnya.  Anda dapat menguji berlian datar dengan cara ini tapi tidak dengan berlian yang sudah disematkan pada perhiasan

Berlian tidak berkabut

Cara kali ini terbilang sangat sederhana jika ingin menguji keaslian berlian. Berlian asli tidak akan menghasilkan kabut jika kita meniupkan nafas. Sebaliknya jika anda menghembuskan nafas pas berlian palsu, berlian palsu tersebut akan menghasilkan kabut. 


Itulah beberapa ciri-ciri berlian asli untuk mendapatkan perhiasan berlian asli. Tidak perlu khawatir untuk mencari tempat yang tepat karena kehadiran Mondial menjadi sebuah rekomendasi yang tepat untuk anda. Produk yang sudah terjamin keasliannya ditambah dengan koleksi yang menarik menjadi keunggulan. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Kriteria Perhiasan Berlian Terbaru dan Berkualitas

4 Perbedaan Cincin Tunangan Elegan dan Cincin Nikah

Jangan Salah! Berikut Ciri Cincin Wanita Emas Asli