Cara Membuat Resep Sayur Lodeh Tanpa Santan



Santan adalah salah satu bahan untuk membuat sayur lodeh. Tanpa santan, sayur lodeh tidak akan optimal. Namun tahukah Anda, jika Anda tahu resep sayur lodeh yang baik dan benar, maka meskipun tanpa adanya santan tetap bisa lezat dan gurih, lho.

Ternyata ada sebuah trik yang bisa mengoptimalkan rasa sayur lodeh, sehingga meskipun tanpa menggunakan santan, rasanya bisa tetap gurih dan juga lezat. Ingin tahu caranya? Berikut sudah kami rangkum resepnya.

Bahan Bumbu

Untuk mengganti santan Anda bisa menggunakan susu full cream asli. Susu bisa membuat masakan menjadi lebih gurih, dan bahkan bisa lebih menyehatkan dibandingkan dengan santan, khususnya bagi yang tidak suka dengan makanan yang menggunakan santan.

Berikut ini berbagai macam jenis bahan-bahan yang bisa Anda siapkan untuk membuat sayur lodeh tanpa menggunakan santan.

  • Susu cair full cream secukupnya

  • Daun salam sebanyak 3 lembar

  • Serai sebanyak ½ cm saja

Selain itu, siapkan juga beberapa bahan-bahan yang Anda gunakan untuk pembuatan bumbu halus. Berikut apa saja bahan-bahannya.

  • Bawang merah sebanyak 5 siung.

  • Bawang putih sebanyak 3 siung

  • Kemiri sebanyak 3 buah

  • Lengkuas sebesar 2 cm

  • Cabai merah sebanyak 2 buah

  • Cabai rawit sebanyak 2 buah

Untuk cabai bisa Anda tambahkan lagi sesuai dengan selera. Untuk yang suka pedas, bisa menambahkan beberapa lagi agar rasanya menjadi lebih pedas.

Cara Membuat

Pengolahan resep lodeh ini tidak sulit. Bahkan sama seperti pengolahan sayur lodeh pada umumnya yang hanya memerlukan tiga langkah saja. Berikut langkah-langkahnya.

1.  Tumis Bumbu Halus

Ambil semua bumbu halus yang sudah Anda haluskan. Tumis bumbu tersebut sampai wangi dan juga matang.

2.  Masak Air Hingga Mendidih

Siapkan tempat untuk mengolah sayur. Masukkan air lalu tunggu hingga mendidih terlebih dahulu.

3.  Masukan Sayur dan Bahan

Masukkan sayuran yang Anda gunakan untuk lodeh. Masukkan juga semua bumbu kemudian masukkan juga susunya. Tambahkan penyedap. Olah hingga matang lalu hidangkan.

Itulah resep sayur lodeh tanpa menggunakan santan yang diganti dengan menggunakan susu sehingga rasanya tetap gurih. Temukan resep masakan lezat dan unik lainnya di situs UFS (Unilever Food Solutions).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Kriteria Perhiasan Berlian Terbaru dan Berkualitas

4 Perbedaan Cincin Tunangan Elegan dan Cincin Nikah

Jangan Salah! Berikut Ciri Cincin Wanita Emas Asli